Sukses

[VIDEO] Lestarikan Batik, Banyuwangi Gelar Lomba Mewarnai

Mengenalkan batik sejak dini kepada anak-anak, diharapkan dapat mengembangkan dan mempertahankan salah satu warisan budaya bangsa.

Mengenalkan batik sejak dini kepada anak-anak, diharapkan dapat mengembangkan dan mempertahankan salah satu warisan budaya bangsa. Itulah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Senin (30/9/2013), ribuan siswa sekolah dasar pun mengikuti lomba mewarnai motif batik khas Banyuwangi yang diselenggarakan pemerintah setempat. Mereka tampak bersemangat mewarnai motif batik seperti batik gajah uling, kangkung Stingkes dan Padas Gempal serta berbagai macam motif batik yang berciri Khas Banyuwangi.

Hasil karya pemenang lomba mewarnai motif batik, nantinya akan dijadikan sebagai bahan inspirasi bagi para desainer batik dalam berinovasi. Termasuk segi peningkatan seni warna batik.

Diharapkan, dengan mengikuti lomba mewarnai motif batik, anak-anak bisa belajar tentang bentuk dan ciri khas batik. Selain itu, pemerintah Banyuwangi juga berharap budaya warisan leluhur seperti batik dapat terjaga kelestarianya di masa akan datang.

Selain lomba mewarnai motif batik, juga digelar parade fashion batik kategori dewasa dan anak-anak. Sekitar 100 peragawati dewasa dan anak-anak ikut serta. Acara tersebut bahkan didatangi tamu kehormatan, desainer dari Brazil yang ikut berlenggak-lenggok diatas catwalk dengan mengenakan busana batik khas Banyuwangi. (Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini