Kapolri: Pengamanan APEC Tanggung Jawab Panglima TNI

  • Peristiwa
  • 0
  • 27 Sep 2013 16:03

kapolri-melayat-rumah-duka-130911b.jpg
Kapolri Jenderal Timur Pradopo menegaskan pengamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 di Bali, 1-8 Oktober 2013 mendatang menjadi tanggung jawab Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Pasalnya, kegiatan tersebut menyangkut keamanan negara. Polri hanya berperan membantu pengamanan.

"(Persiapan) APEC sudah dicek oleh Panglima TNI, karena ini kan menyangkut pengamanan negara. Berarti Panglima TNI yang bertanggung jawab, saya wakilnya. Kesiapan pasukan sudah diambil alih oleh Penglima TNI," kata Jendral Timur Pradopo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Mengenai jumlah pasukan yang diturunkan, Timur belum dapat memastikan. "Jumlah anggota yang diturunkan disesuaikan dengan kondisi lapangan. Kalau Polri pasti di ring 3," jelas Timur.

Polri menerjunkan sedikitnya 4.924 personel polisi sebagai tenaga keamanan dalam pengamanan KTT APEC 2013. Operasi itu bersandi 'Puri Agung 2013' itu dilaksanakan pada 27 September-10 Oktober 2013.

Ada pun personel yang diturunkan terdiri dari 3.855 Satgas Polda Bali, dan 1.069 personel dari Mabes Polri. Personel polisi itu, terdiri dari satuan Brimob, Jibom, Densus 88, Lalu lintas, Polisi air dan udara, dan pengamanan objek vital.

Sementara itu, dalam apel pasukan Kamis (26/9/2013), Moeldoko yang memimpin apel gelar pasukan TNI di Lapangan Makodam V/Brawijaya minta agar pasukan tidak ragu bertindak mengamankan objek vital dalam pengamanan tamu negara. Terlebih, KTT ke-21 APEC itu dijadwalkan akan dihadiri sebanyak 20 kepala negara ditambah 4 kepala negara sebagai peninjau.

"Semua menginginkan kedamaian dan ketertiban selama KTT APEC digelar. Tugas TNI adalah melakukan pengamanan dan selalu siap siaga jika dibutuhkan, kapan pun dan di mana pun," ujar Moeldoko. (Adi/Yus)

Credit: Adi


Related Articles
Terpopuler