Sukses

Petani di Garut Membiarkan Tanamannya Membusuk dan Mengering

Akibat tidak adanya hujan, puluhan hektare sawah di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang di tanamai tomat mengeluh karena tidak adanya sumber ai

Citizen6, Garut: Akibat tidak ada hujan yang turun, puluhan hektar lahan di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang di tanamai tomat mulai kering. Petani mulai mengeluh karena  tidak adanya sumber air sejak 3 bulan terakhir. Akibatnya bentuk buah tomat yang dihasilkannya pun hanya sebesar kelereng dan ada pula yang membusuk.

Salah satu petani tomat, Adi (30) warga Desa Jaya Raga, Kecamatan Tarogong Kidul, kabupaten Garut yang menyewa lahan  seluas 1 hektare di Jalan Raya Ciateul, Kecamatan Tarugong Kaler, Kabupaten Garut, saat ditemui pada Jumat ( 27/9/2013) mengaku rugi Rp 30 juta. Hal ini disebabkan minimnya hasil tomat  yang dipanen akibat kekeringan serta dibarengi serangan hama. Selain itu juga karena harga obat-obatan untuk sayuran yang harganya terlalu mahal.

Sedangkan di tingkat petani  pengepul atau bandar, tomat hanya dihargai  Rp 1000 per kilo gramnya. Padahal dulu tomat pernah bisa mencapai harga jual Rp 7.000 per kilonya untuk tomat yang besar. Tomat yang sebesar kelereng tidak laku di jual.

Karen itu Adi tak punya pilihan lain kecuali membiarkan  tanaman tomatnya membusuk dan mengering di sawahnya karen  tidak akan laku dijual. Melihat kondisi ini, Adi hanya bisa pasrah dan menghitung kerugian yang harus di tanggung sendiri. Untuk mensiasati harga tomat yang minim, Adi memilih sayuran borkol dan bonteng.

"Hingga saat ini Pemda Kabupaten Garut belum pernah datang ke tempat sawah kami untuk memberian penyuluhan, " aku Andi. (Kus/Mar)

Engkus Kuswara adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini