Sukses

Komjen Sutarman Calon Tunggal Kapolri dari SBY

Dengan demikian, Sutarman yang merupakan Jenderal bintang 3 itu menjadi calon kapolri tunggal.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya mengirimkan 1 nama calon kapolri kepada DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo. Nama tersebut adalah Komjen Pol Sutarman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri.

"Baru tadi sekira pukul 10-an kami menerima surat dari istana mengenai pengangkatan dan pemeberhetian Kapolri," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

"Presiden SBY hanya mengajukan 1 nama, yakni Komjen Sutarman menggantikan posisi Timur," imbuh politisi Golkar itu.

Dengan demikian, Sutarman yang merupakan Jenderal bintang 3 itu menjadi calon tunggal Kapolri untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR. Priyo menambahkan, surat pengajuan nama Sutarman sudah ditandatangani Presiden SBY. "DPR diminta Presiden untuk memberi persetujuannya," ujarnya.

Ada 9 nama kandidat yang mencuat menjadi pengganti Jenderal Timur Pradopo di kursi Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Nama-nama itu juga sudah pernah diwawancarai oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) beberapa waktu lalu, serta telah menyerahkan Laporan Harta dan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

9 Perwira tinggi yang disebut sebagai calon Kapolri adalah Komjen Pol Sutarman, Komjen Pol Budi Gunawan, Komjen Pol Anang Iskandar, Irjen Pol Saud Usman Nasution, Irjen Pol Badrodin Haiti, Irjen Pol Arif Wachjunadi, Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno, dan Irjen Pol Anas Yusuf. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.