Sukses

[VIDEO] Yuk, Lihat Aktivitas Kampung Cerdas di Jakarta Utara

Di kampung cerdas ini, anak-anak diajak belajar selama 2 jam mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kalau Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) punya ide jam malam bagi pelajar,  ternyata di Jakarta Utara sudah ada kampung cerdas yang dimulai sekitar satu tahun lalu. Di kampung cerdas ini, anak-anak diajak belajar selama 2 jam mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (27/9/2013), tanpa rasa kantuk dan bersemangat,  anak-anak kecil di wilayah tersebut giat mengikuti pelajaran yang diberikan guru pada malam hari.

Kegiatan belajar malam hari di kampung cerdas ini memang sudah ada sejak setahun lalu sebelum ide Jokowi tentang belajar malam dicetuskan.

Sekali dalam sepekan, Rabu malam siswa SD sampai SMA berkesempatan mengikuti belajar bersama tanpa dipungut biaya alias gratis. Sejak sore hari pun mereka sudah antusias menanti malam untuk bisa belajar bersam.

Meski sederhana dan terkendala minimnya fasilitas,  tapi tidak menyurutkan antusias warga Koja yang mayoritas kurang mampu ini untuk terus belajar dan menimba ilmu. Para orang tua pun mendukung penuh anaknya untuk belajar.

Terkesan terlambat, pemerintah juga harus memberikan sedikit suntikan dana agar kampung cerdas ini tetap ada dan bisa menjadi kampung percontohan serta menginspirasi kampung lainnya untuk mengurangi jam nonton tv anaknya agar lebih fokus belajar. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini