Sukses

Cashflow Game, Ajarkan Pemain Cara Berinvestasi

Cashflow game merupakan game board semacam monopoli, yang mengajarkan permainan simulasi finansial keuangan dan investasi.

Citizen6, Jakarta: Pernah dengar Cashflow Game hasil karya pengarang kondang Robert Kiyosaki? Cashflow Game merupakan game board semacam monopoli, yang mengajarkan permainan simulasi finansial keuangan dan investasi.

Cashflow Club Jakarta (CCJ) berdiri pada Desember 2012. Kala itu Michael Sugiarto pendiri CCJ, mengajak beberapa teman untuk bermain game ini. Start dari 5 orang, sekarang ini CCJ sudah berkembang menjadi 333 member. Setiap minggunya sekitar 15-20 orang berkomitmen main game ini. Bahkan lucunya, saat banjir besar di Jakarta waktu itu, beberapa member masih tetap kumpul main bareng.

Salah satu yang menarik dari game ini adalah pengajaran dasar investasi dan entrepreneurshipnya. Pemain diajarkan untuk berinvestasi dalam bisnis, property, saham, belajar pinjam uang di bank, dan mengatur arus cashflow sehari-hari mereka. Hasilnya, beberapa member yang dulunya sangat konservatif dalam keuangan mereka, sekarang mulai terbuka pikirannya dan belajar lebih berani dalam berinvestasi.

"Pertama kali main langsung bisa," kata Putera yang pernah menang 2 kali dalam kompetisi Cashflow Game beberapa bulan lalu.

Ajang kumpul-kumpul komunitas CCJ ini sekarang juga berkembang menjadi pengajaran entrepreneurship, yang setiap minggunya disisakan waktu 1 jam untuk small talk discussion. Topiknya bisa apa saja dan dibawakan oleh member sendiri. Beberapa member CCJ juga terinspirasi untuk bergabung membuka usaha sendiri, seperti Michael, Valentino dan David yang membuka usaha Booth Kopi Kikk di dekat kampus Bina Nusantara Kebon Jeruk. Selain itu ada Felicia, salah seorang aktivis CCJ yang membuka usaha asesoris batik, bahkan pernah menjadi pembicara di acara PRJ tandingannya Jokowi di Monas bulan lalu.

Selain permainan cashflow, CCJ juga pernah bergabung dengan Property Plus Indonesia cabang Jakarta Utara dan menyelenggarakan seminar property yang disponsori oleh BNI Syariah Kelapa gading.

Sekarang ini kepengurusan CCJ sudah berkembang dengan semakin banyaknya volunteer aktivis yang baru. Sekarang ini Chief Jakarta adalah Indra Hadiwidjaja dan wakilnya Valentino Ivan. Game board-nya juga sudah berkembang menjadi 4 game board dan sanggup menampung 20 lebih member sekali main.

Buat yang minat gabung, bisa join kita di Facebook group cashflow club jakarta, Twitter @cashflowclubjkt atau bisa lihat kontaknya di www.cashflowclubjakarta.com. (Michael Sugiarto/Mar)

Michael Sugiarto adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini