Sukses

Peringatan Banjir dari BMKG, Jokowi: Waduh! Bingung Saya

"Banyak yang belum selesai. Tapi kita terus keruk waduk dan sungai di Jakarta," ujar Jokowi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan awal agar warga DKI Jakarta mewaspadai kemungkinan datangnya banjir akibat musim hujan pada bulan Oktober mendatang. Menerima peringatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku kebingungan.

"Waduh! Bingung saya. Banyak yang belum selesai. Tapi kita terus keruk waduk dan sungai di Jakarta," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Karena kekhawatiran itulah Jokowi berusaha mempercepat semua program normalisasi waduk dan sungai yang ada di Jakarta. Seperti Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, ataupun Sungai Ciliwung. Sehingga Ibukota siap setiap kali menyambut datangnya musim hujan. Namun, saat ini banyak waduk dan sungai yang masih dalam tahap pengerjaan. Bahkan ada yang baru akan dimulai.

"Banyak yang belum selesai. Banyak yang baru mulai. Ciliwung belum selesai. Pesanggrahan masih banyak area yang belum dibebaskan," tutur Jokowi yang juga mantan Walikota Solo itu.

BMKG mengingatkan puncak musim hujan di Jakarta terjadi pada bulan Desember 2013 hingga Januari 2014. Peningkatan curah hujan diprediksi akan mulai terjadi pada bulan Oktober, berawal di wilayah Jakarta Selatan. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Banjir Jakarta