Sukses

Reka Ulang Penembakan Polisi, 10 Pemeran Pengganti Dilibatkan

"Semalam libatkan 10 orang, yang berperan sebagai Sukardi, truk, dan penembak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto.

Kepolisian melakukan reka ulang peristiwa penembakan Aipda Anumerta Sukardi di lokasi kejadian, yaitu di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Reka ulang peristiwa penembakan pada 10 September itu dilakukan untuk menjelaskan bagaimana proses pencegatan hingga penembakan terhadap Sukardi, serta kaburnya pelaku.

"Semalam libatkan 10 orang, yang berperan sebagai Sukardi, truk, dan penembak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Rikwanto menegaskan reka ulang tersebut didasari hasil sementara yang didapatkan dari pemeriksaan CCTV dan saksi yang telah dimintai keterangan. "Ada 15 adegan dalam rekonstruksinya," sambung Rikwanto.

Menurut Rikwanto, Sukardi mendapat 3 luka tembak dari peluru senjata api jenis pistol kaliber 45. "Pelurunya pabrikan," ucap Rikwanto.

Pantauan Liputan6.com di depan Gedung KPK, Selasa 24 September malam, petugas dari Tim Puslabfor Mabes Polri ini menggelar reka ulang sekitar pukul 23.15 WIB.

Dalam kegiatan itu, polisi memeragakan sejumlah adegan penembakan Aipda Sukardi. Polisi menggunakan 3 sepeda motor yang dipinjam dari KPK, yaitu Honda Megapro, Honda Revo, serta Yamaha Mio. Motor tersebut diletakkan tepat di lokasi meninggalnya korban. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini