Sukses

Demokrat: SBY Sudah Tahu Ruhut Ditolak Jadi Ketua Komisi III

Penolakan Ruhut ini juga telah dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah mendengar penolakan terhadap Ruhut Sitompul yang diusulkan menjadi Ketua Komisi III. Penolakan Ruhut ini juga telah dilaporkan ke DPP Partai Demokrat.

"Saya kira Beliau sudah mendengar, kan Beliau punya banyak staf," tutur Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Dia menambahkan, soal penolakan Ruhut ini juga sudah disampaikan kepada Ketua Harian Demokrat Syarief Hasan. Demokrat menjadikan penolakan Ruhut ini sebagai pelajaran. "Saya pribadi merasa kurang efektif lobinya, karena wakunya pendek dan ternyata (penolakan) masalah personal," ujarnya.

Dalam rapat paripurna Selasa kemarin, sejumlah anggota Dewan menolak Ruhut menjadi Ketua Komisi III. Mereka beralasan Ruhut tak layak memimpin komisi bidang hukum itu.

Karena mendapat penolakan, pimpinan DPR menunda pengesahan Ruhut dan memberi waktu kepada Fraksi Demokrat untuk mengajukan usulan lagi, apakah tetap mengusulkan Ruhut atau menggantinya dengan orang lain. "Tentunya kami akan lobi-lobi. Mudah-mudahan lobi ini akan kami manfatkan sebaiknya," tutur Nurhayati. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Ruhut Sitompul adalah seorang mantan aktor yang kini bekerja sebagai pengacara dan politisi
    Ruhut Sitompul adalah seorang mantan aktor yang kini bekerja sebagai pengacara dan politisi

    Ruhut Sitompul

  • SBY