Sukses

Jokowi Sajikan `Jakarta International Performing Art` di Monas

Jakarta Internasional Performing Art (Jakipa) digelar di Monas Sisi Selatan, pada akhir pekan ini.

Jokowi  kembali menyuguhkan acara kesenian di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu akan menggelar Jakarta Internasional Performing Art atau Jakipa akhir bulan ini.

"Yang akan dimunculkan tarian, musik-musik tradisional dari beberapa negara, dari DKI, dan dari daerah-daerah di nusantara," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Acara yang diisi seniman dari mancanegara ini akan digelar di Monas Sisi Selatan pada Sabtu dan Minggu 28-29 September 2013. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia ini juga mengajak masyarakat supaya bisa mengapresiasi sebuah kesenian dan kebudayaan, yang berbeda-beda dari setiap wilayah.

"Pembanding itu nanti bisa kita harapkan dapat membawa masyarakat untuk mengapresiasi sebuah seni budaya," kata Jokowi. Pagelaran ini rencananya akan dilakukan rutin setiap tahun dan tidak dipungut biaya. Penampil yang akan dihadirkan sekitar 300 performance.

Seniman-seniman mancanegara yang akan tampil di Jakipa, berasal dari Jerman, Die Artistokraten menampilkan cirque art; Belarus, Duo Gorodju menampilkan circus art; Amerika Serikat, Craig Albert Burton menampilkan Jazz music art; dan Vietnam, The Mist and Arabesque Dance Company menampilkan rope dance art.

Sementara dari Indonesia yang ikut serta adalah dari Yogyakarta, Bali, Ponorogo, Lampung, Palembang, serta DKI Jakarta.  Dari Indonesia akan menghadirkan Sandiwara Miss Tjitjih, Keroncong Tugu dan Komunitas Portugis, Flashmob Caisar, Indonesia Cheerleading Community, Gambang Kromong, Band Baby Bens, Band Etnik Musik, Acapella Mataraman, Wayang Kampung Sebelah, Sahita, Walk Act, Musik Kolintang, Tari Jaipong, Keroncong Modern, Reog Ponorogo, Tari Sakya Kirti, Tari Melintang, dan Tari Saman Kolosal.

"Ini ide bareng-bareng. Ada sebuah ruang publik yang kita isi dengan kegiatan yang bisa diapresasi dan menghibur masyarakat. Saya ikut tampil. Tampil beri sambutan. Hehe," kata Jokowi terkekeh.

Biaya penyelenggaraan kegiatan seni tersebut sebesar Rp 1,5 miliar yang sepenuhnya dari APBD DKI. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata DKI, Arie Budhiman.

"Infrastruktur seni harus dibiayai oleh Pemprov. Intinya sekarang kita sedang mewujudkan ikon-ikon baru pariwisata di DKI. Nanti kita lihat pemkot harus berinvestasi untuk city branding, nggak semua harus mendapatkan dukungan dari swasta," kata Arie.

Opening Ceremony Jakipa akan dilaksanakan pada hari Sabtu mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.30 WIB, yang dibuka oleh Jokowi. Kemudian pada hari Minggu dengan jam yang sama dan dibuka dengan Flash Mob Goyang Caisar. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.