Sukses

Ruhut Ditolak Jadi Ketua Komisi III, Demokrat: Kecewa Campur Aduk

Demokrat menganggap penolakan ini sebagai preseden tidak baik bagi DPR.

Fraksi Demokrat mengaku kecewa dengan penolakan sejumlah anggota Dewan terhadap Ruhut Sitompul yang diusulkan sebagai Ketua Komisi III untuk menggantikan Gede Pasek Suardika. Demokrat menganggap penolakan ini sebagai preseden tidak baik, sebab telah ada konvensi atau kesepakatan tak resmi bahwa calon yang diusulkan akan disetujui DPR.

"Tentunya kami menyayangkan dan menyesalkan, juga kecewa campur aduk. Ini preseden, tak baik bagi DPR karena kita sudah ada konvensi, itu disetujui semua pimpnan DPR, fraksi," kata Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Kekecewaan Demokrat semakin bertambah. Sebab, penolakan Ruhut oleh sejumlah anggota Dewan dalam paripurna Selasa kemarin lebih banyak berlatar belakang personal. Demokrat menilai cara penolakan seperti itu tidak etis.

"Kemarin terlihat sekali, kami sayangkan seolah ini sudah jadi masalah personal," ucap Nurhayati.

Meski mendapat penolakan, Demokrat tidak akan menyerah untuk tetap mengusung Ruhut sebagai Ketua Komisi III. Demokrat akan melakukan lobi ke fraksi-fraksi untuk melapangkan jalan bagi Ruhut.

"Tentunya kami akan lobi-lobi. Mudah-mudahan lobi ini akan kami manfatkan sebaiknya," tutur Nurhayati.

DPR menunda pengesahan Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR. Sebab, sejumlah anggota DPR menolak sosok pria yang karib disapa si Poltak itu. DPR menunda pengesahan itu selama sepekan. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini