Sukses

Ketua KPK: Ruhut Agak Bersih, Kami Dukung <i>Full</i>

DPR sebelumnya menunda pengesahan Ruhut sebagai Ketua Komisi III. Sejumlah anggota Dewan menolaknya.

Ruhut Sitompul batal menjadi Ketua Komisi III DPR kemarin. Demokrat diberi waktu 1 pekan untuk melakukan lobi atau mengganti nama lain calon Ketua Komisi III DPR. Di tengah penolakan terhadap Ruhut, datang dukungan tak diduga.

Adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad yang mendukung Demokrat menunjuk Ruhut Sitompul menggantikan Gede Pasek Suardika. Ruhut dinilai sebagai sosok yang relatif bersih.

"Saya pribadi senang dengan Ruhut. Ruhut orangnya agak bersih," ujar Abraham Samad di gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2013).

Meski demikian, tambah Abraham, KPK sebagai mitra kerja akan mendukung sepenuhnya siapa pun yang memimpin Komisi Hukum DPR tersebut. "Karena sekarang Ruhut yang ditunjuk sebagai Ketua Komisi III, maka KPK akan mendukung full," tutur Abraham.

DPR sebelumnya menunda pengesahan Ruhut sebagai Ketua Komisi III. Sebab, sejumlah anggota Dewan, terutama dari Komisi III, menolak Ruhut.

Mereka yang menolak beralasan Ruhut kurang layak memimpoin komisi di DPR, terutama Komisi III. Bahkan, pendapat yang lebih keras menyatakan Komisi III akan jadi komisi badut jika dipimpin oleh Ruhut. Memang, Ruhut selama ini dikenal sebagai sosok yang ceplas-ceplos dan sering melontarkan pernyataan kontroversial. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.