Sukses

Gempa Besar 7,8 SR Guncang Pakistan, Getaran Sampai Ibukota India

Gempa mengguncang pada pukul 16.29 waktu setempat di kedalaman 23 kilometer.

Gempa besar mengguncang wilayah barat daya Pakistan. Menurut catatan Badan Survei Geologi AS (USGS), lindu tersebut berkekuatan 7,8 skala Richter.

Gempa mengguncang pada pukul 16.29 waktu setempat di kedalaman 23 kilometer. Pusat gempa berada 145 mil tenggara Dalbandin, Provinsi Balochistan. Saking kuatnya, getaran terasa sampai ibukota India, New Delhi. Sejumlah bangunan bergetar.

Balochistan adalah provinsi terluas di Pakistan, namun, jumlah penduduknya tak sebanding, bahkan paling jarang di antara provinsi lainnya.

Provinsi ini rentan terhadap gempa bumi, saat lindu dengan kekuatan sama mengguncang sebelumnya, dilaporkan 35 nyawa melayang. Belum diketahui apakah gempa kali ini makan korban. Namun, berdasarkan laporan CNN, setidaknya 6 orang tewas dalam bencana ini.

Laporan awal di sejumlah media setempat menyebut, sejumlah rumah rubuh di area Khuzdar dan Awaran di Balochistan.

Kepala pusat meteorologi Pakistan, Mohammad Riaz mengatakan itu merupakan gempa bumi besar yang dapat menyebabkan kerusakan yang luas.

"Namun tergantung seberapa padat populasi di area sekitar episentrum atau pusat gempa," kata dia seperti dimuat BBC, Selasa (24/9/2013).

Sedikit berbeda dengan versi USGS, kantor meteorologi Pakistan mengatakan, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter.

Getaran ringan juga dilaporkan terasa di Karachi dan Hyderabad, di mana sejumlah orang cepat-cepat keluar dari rumah dan gedung. (Ein)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Pakistan

Video Terkini