Sukses

Pelantikan Ruhut Sitompul Ditunda 1 Pekan

Karena itu, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin rapat memutuskan, nasib Ruhut akan ditunda hingga pekan depan.

Ruhut Sitompul masih belum bisa menduduki kursi Ketua Komisi III DPR yang saat ini ditempati rekannya Gede Pasek Suardika. Rapat pleno di internal Komisi III DPR untuk menetapkan Ruhut sebagai ketua komisi berjalan alot. Sebagian besar anggota menolak penunjukkan Ruhut sebagai ketua.

Karena itu, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin rapat memutuskan, nasib Ruhut akan ditunda hingga pekan depan. Keputusan pun dikembalikan kepada Fraksi Partai Demokrat, apakah ingin melanjutkan penetapan Ruhut atau mencari nama lain sebagai Ketua Komisi III DPR.

"Tadi ada titik temu yaitu memberi kesempatan untuk pimpinan DPR dan pimpinan Fraksi Partai Demokrat selama seminggu untuk kembali mengirimkan nama. Apakah itu tetap Ruhut atau siapa saja itu terserah Fraksi Demokrat," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

"Dan waktu seminggu itu terserah Fraksi Demokrat untuk menentukan Ketua Komisi III. Jika ini disepakati maka dalam penetapan nanti akan kita lihat lagi siapa yang akan diajukan kembali oleh Fraksi Partai Demokrat," tambahnya.

Sebagai pimpinan rapat, maka Priyo akan segera menghubungi Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengenai hasil rapat hari ini dan memintanya untuk mengirimkan kembali surat berisi nama pengganti Gede Pasek. Melalui Nurhayati, diharapkan hasil rapat akan dilaporkan kepada Ketua Umum Partai Demokrat SBY dan DPP PD.

"Dan surat itu kita bahas minggu depan untuk menentukan siapa yang menjadi Ketua Komisi III. Dengan demikian, mulai hari ini pimpinan Komisi III tetap dipimpin oleh Pak Pasek sampai ketua baru nanti menggantikan," pungkas Priyo. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini