Sukses

Ruhut Dilantik, Penolakan Tetap Bisa Disampaikan

Setelah dihujani penolakan dari anggota Komisi III DPR, kini Ruhut Sitompul bisa bernapas lega.

Ruhut Sitompul bisa bernapas lega. Setelah dihujani penolakan dari anggota Komisi III DPR yang tak terima penunjukan dirinya sebagai ketua komisi, usai Rapat Paripurna siang nanti Ruhut akan dilantik. Ruhut menggantikan Gede Pasek Suardika.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menjadi pimpinan yang akan melantik Ruhut. Priyo memastikan, pelantikan si 'Poltak' nanti akan berjalan lancar seperti biasanya. Namun tak menutup kemungkinan, masih ada anggota yang menyatakan penolakannya pada Ruhut nanti.

"Menurut tradisinya, biasanya lancar, menghormati semua usulan, jago yang diusung fraksi," ungkap Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

"Itu biasanya. Tapi dalam tatib boleh menyampaikan apa saja dalam rapat pleno komisi, masing-masing anggota dapat setuju atau tidak," imbuhnya.

Priyo menerima surat mengenai penunjukan Ruhut sebagai Ketua Komisi III dari pimpinan Fraksi Partai Demokrat pada Senin 23 September 2013. Maka segera setelah membaca surat itu, dirinya mengadakan rapat pleno pembahasan pergantian ketua komisi tersebut.

"Senin siang saya terima surat dari pimpinan FPD, suratnya panjang, klausul pergantian, mengusulkan seorang nama, Ruhut gantikan Pasek. Setelah membaca, kita rapat peno yang akan langsung saya pimpin penetapan ketua komisi III," tutur Priyo. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.