Sukses

[VIDEO] Jelang Idul Adha, Harga Sapi Kurban Melonjak Tajam

Harga daging sapi kurban di Purwakarta dan Garut naik tajam. Kurangnya pasokan dan tingginya permintaan menjadi penyebab tingginya harga.

Dalam sebulan terakhir, harga sapi di pasar hewan Ciwareng, Purwakarta, Jawa Barat, menjelang Idul Adha, naik drastis. Untuk harga sapi yang paling murah berada pada ksiaran Rp 12,5 juta per ekor. Padahal, tahun lalu masih berada pada kisaran Rp 10 juta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Selasa (24/9/2013), salah seorang pedagang sapi mengakui menjelang hari raya kurban harga sapi naik hingga Rp 2,5 juta per ekor karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi. Kenaikan akan terus terjadi beberapa hari menjelang Idul Adha.

Lonjakan kenaikan harga sapi juga terjadi di Garut, Jabar. Tahun lalu saja harga sapi Rp 8 juta, sementara tahun ini paling rendah berada pada kisaran Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Salah satu penyebab mahalnya harga sapi karena harga pakan hewan naik dan pasokan sapi dari peternak turun drastis. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini