Sukses

[VIDEO] Tuntut Upah Naik, Buruh di Karawang Tutup Jalan Tol

Ribuan buruh PT Besco Indonesia di Karawang berunjuk rasa menuntut kenaikan upah dengan menutup jalan tol dari arah Jakarta menuju Cikampek.

Ribuan buruh PT Besco Indonesia di Karawang, Jawa Barat, berunjuk rasa dengan menutup jalan tol dari arah Jakarta menuju Cikampek, Senin 23 September 2013. Mereka berunjuk rasa meminta kenaikan upah menjadi Rp 2,3 juta dari sebelumnya Rp 1,6 juta. Mereka juga menuntut cuti bagi buruh yang melahirkan.

Karena aksi ini, terjadi kemacetan panjang hingga 3 kilometer di Jalan Raya Tamelang. Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Selasa (24/9/2013) pagi, sebagian kendaraan memutuskan untuk memutar atau menggunakan lajur berlawanan untuk menghindari kemacetan.

Sementara di Bogor, Jawa Barat, buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional dan Aliansi Pekerja Kota Bogor, mendatangi kantor DPRD Kota Bogor, Senin siang kemarin. Mereka menuntut anggota DPRD mendukung upaya buruh mencabut Inpres tentang pengupahan yang akan membuat buruh makin menderita.

Inpres tersebut mengatur peninjauan kembali upah minimum dari 1 tahun sekali menjadi 2 tahun sekali. Buruh merasa dirugikan dan tak punya kekuatan hukum menghadapi kesewenangan perusahaan atau pengusaha. Demo berakhir damai setelah perwakilan buruh diterima anggota DPRD Kota Bogor. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.