Sukses

4 Ucapan <i>Nyelekit</i> Tolak Ruhut Jadi Ketua Komisi III

Ruhut Sitompul resmi ditunjuk sebagai Ketua Komisi III DPR menggantikan I Gede Pasek. Namun ditolak anggota komisi III. Apa komentar mereka?

Fraksi Partai Demokrat merotasi anggotanya yang duduk di Gedung DPR. Salah satunya, resmi menunjuk Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR yang baru. Ruhut ditunjuk menggantikan posisi I Gede Pasek Suardika.

"Pada hari ini syukur alhamdulillah sudah ada surat keputusan DPP untuk memberikan kesempatan kepada teman-teman anggota DPR Fraksi Partai Demokrat untuk memimpin komisi-komisi yang ada. Salah satunya Komisi III akan dipimpin Ruhut 'Poltak' Sitompul," kata Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf di Jakarta, Rabu 18 September 2013.

Nurhayati menyebutkan, rotasi dilakukan untuk penyegaran dan memberikan kesempatan kepada anggota Fraksi Demokrat yang lain. Kesempatan itu harus dilakukan karena masa jabatan anggota DPR periode 2009-2014 tinggal beberapa bulan lagi.

Meski begitu, penunjukkan Ruhut itu ditentang sejumlah anggota Komisi III di DPR. Bagaimana ucapan `nyelekit` mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



1. Stop Rokok, Rajin Masuk


Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP Eva Sundari menyebutkan, penunjukkan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR menggantikan Gede Pasek Suardika merupakan kewenangan dari Partai Demokrat. Meski mendapat pertentangan dari anggota Komisi III, dirinya meminta Ruhut untuk mengubah kebiasaan si 'Poltak' jika tetap menjadi Ketua Komisi III.

"Hanya saya kasihan saja. Ntar harus stop merokok cerutu saat memimpin karena demikian aturan tatib (tata tertib) DPR," kata Eva dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis 19 September 2013.

"Plus harus rajin masuk supaya output and outcome Komisi III bisa dicapai," imbuhnya.
3 dari 5 halaman



2. Belum Pengalaman

Penolakan tak hanya datang dari Fraksi PDIP Eva Sundari, kolega lainnya juga menyatakan menolak. Anggota Komisi III dari Fraksi PPP Ahmad Yani menuturkan, penolakan anggota Komisi III terhadap Ruhut dinilai belum memiliki pengalaman dalam memimpin komisi.

"Kalau memang semua menolak, tidak bisa lagi dipertahankan. Secara kepemimpinan belum pernah teruji karena belum pernah memimpin komisi. Dirinya kan selalu mengklaim lawyer (pengacara) 30 tahun," kata Yani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 20 September 2013.
4 dari 5 halaman



3. Jadi Komisi Badut


Anggota Komisi III dari Fraksi PKS Nasir Djamil menjelaskan, dirinya tidak pernah melihat mantan artis sinetron 'Gerhana' itu memimpin rapat, apalagi menjadi pimpinan pansus di DPR. Karena itu, ia meragukan kepemimpinan Ruhut dalam rapat nantinya di Komisi III.

"Kalau ditanya ke saya, secara pribadi saya belum pernah lihat Ruhut memimpin rapat. Apalagi jadi pimpinan pansus-pansus di DPR. Makanya saya meragukan kepemimpinan Ruhut," kata Nasir dalam pesan singkatnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 20 September 2013.

Apalagi, menurut Nasir keraguannya itu muncul lantaran isu-isu di komisi III sangat dinamik serta sering menjadi pemberitaan di media. Tapi karena ini permintaan dan keputusan Partai Demokrat ke Fraksi Demokrat di Komisi III, tentu harus dihormati.

"Jangan sampai apa yang dikuatirkan sebagian orang bahwa saat Ruhut jadi ketua, maka Komisi III menjadi komisi badut. Mudah-mudahan tidak seperti itu lah ya, sebab masih ada 3 pimpinan lagi yang bisa menutupi kekurangan Ruhut," tukas Nasir.
5 dari 5 halaman



4. Belum Layak

Ketua Fraksi Hanura DPR yang juga anggota Komisi III DPR Syarifudin Sudding menegaskan dirinya akan mengancam keluar dari komisi yang ditempatinya lantaran meragukan kepemimpinan Ruhut Sitompul.

"Saya pribadi belum layak dipimpin oleh Ruhut. Saya akan mempertimbangkan keluar dari Komisi III," kata Sudding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Sudding menambahkan, penolakan dirinya terhadap Ruhut menjadi Ketua Komisi III bukan karena Hanura merupakan partai oposisi. Tetapi, karena kualitas Ruhut untuk memimpin rapat belum teruji dengan baik. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Ruhut Sitompul adalah seorang mantan aktor yang kini bekerja sebagai pengacara dan politisi
    Ruhut Sitompul adalah seorang mantan aktor yang kini bekerja sebagai pengacara dan politisi

    Ruhut Sitompul