Sukses

Rifat Sungkar Setuju Pengembangan Smart Vehicle Mobility

Rifat Sungkar, atlet sekaligus pemerhati otomotif Indonesia mendukung tema yang diusung dalam ajang Indonesia International Motor Show.

Citizen6, Jakarta: Rifat Sungkar, atlet sekaligus pemerhati otomotif Indonesia, sangat mendukung tema yang diusung dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini yaitu Smart Vehicle Mobility.

"Pengembangan kendaraan yang tidak boros bahan bakar dan juga lebih sedikit emisi gas buangnya memang sangat baik untuk dilanjutkan. Dengan semakin berkembangnya kendaraan seperti kendaraan hybrid, kendaraan listrik atau yang sekarang sedang ramai dibicarakan orang, yaitu kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) tentu dapat mendukung program pemerintah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi dan emisi gas karbon," kata Rifat.  

Di sisi lain, Rifat yang juga sempat menghadiri acara pembukaan IIMS 2013 dan berbincang-bincang dengan Wakil Presiden Republik Indoneisa, Boediono, menyatakan selain konsep hemat energi dan ramah lingkungan, juga harus diperhatikan pengembangan fitur-fitur keamanan dalam setiap kendaraan.

Akhir-akhir ini, dalam perkembangannya, semakin banyak kendaraan-kendaraan yang dijual di pasaran telah memiliki fitur-fitur keamanan yang semakin lengkap. Salah satu contohnya adalah semakin banyak kendaraan yang diperlengkap dengan dual air bags, walaupun bukan kendaraan-kendaraan dari kelas premium.

Selain itu, Rifat kembali mengingatkan mengenai perilaku berkendara bagi para pengguna kendaraan.

"Salah satu hal penting yang harus selalu diingat adalah perilaku kita berkendara di jalanan. Hampir sebagian besar kecelakaan yang terjadi adalah disebabkan oleh pengendaranya, bukan oleh kendaraan. Kalau kita mampu berperilaku yang baik di jalan raya, menghormati pengguna jalan yang lain, memperhatikan rambu lalu lintas, dan secara sadar mematuhi unsur-unsur keselamatan dalam berkendara, maka kita semua bisa berharap bahwa tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan raya bisa berkurang," tutur Rifat.

Dalam penyelenggaraan IIMS tahun ini, Rifat akan turut hadir secara langsung dalam beberapa kegiatan, baik sebagai brand ambassador Pertamina maupun Mistubishi. Selain itu, mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dipergunakan Rifat bersama navigator M Indra Prasetyo dalam ajang Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2013, turut serta dipamerkan, dan dapat dilihat di booth Mistubishi yang terletak di Hall A JIExpo Kemayoran.

"Mobil Mistubishi Pajero Sport ini mulai saya pergunakan di seri 1 Kejurnas Speed Offroad tahun ini. Alhamdullilah, sampai saat selesainya seri ke 4, mobil ini telah berhasil menunjukkan kemampuannya dan  membantu saya untuk menjadi yang terbaik di kelas G3, dan berpeluang sangat besar menjadi juara nasional speed offroad untuk yang pertama kalinya," pungkas Rifat. (Anky Tomasouw/Mar)

Anky Tomasouw adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat email: anky@karyaku.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.