Sukses

[VIDEO] Lestarikan Tradisi, Sumbawa Gelar Tiup Sarunai Massal

Alat musik tradisional masyarakat Sumbawa ini terbuat dari batang padi dan dirajut dengan lilitan janur.

Banyak cara dilakukan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan tradisi leluhur. Di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ribuan orang secara massal memainkan sebuah alat musik khas daerah Sumbawa, Sarunai yang kini nyaris punah.

Dalam tayangan Liputan6 Pagi SCTV, Senin (23/9/2013), selain untuk melestarikan warisan seni tradisi, acara bertajuk "Samawa Basarunai" ini juga digelar dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya Kabupaten Sumbawa.

Ribuan seniman pelajar dan para wisatawan secara massal meniupkan Sarunai. Alat musik tradisional masyarakat Sumbawa ini terbuat dari batang padi dan dirajut dengan lilitan janur. Alat musik ini biasanya dimainkan warga pada musim panen padi.

Acara bertajuk Samawa Basarunai ini merupakan rangkaian agenda Festival Moyo 2013 yang digelar untuk memperkenalkan kekayaan tradisi dan tujuan wisata di Pulau Sumbawa. Tak heran sejumlah wisatawan asing antusias mengikuti festival ini.

"Festival ini sangat bagus. Saya datang ke sini karena saya sangat menyukai Moyo. Saya ke sini mungkin sudah 5 hingga 6 kali," kata seorang wisatawan asing.

Festival Moyo 2013 yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga dimeriahkan oleh atraksi budaya dari puluhan provinsi di Indonesia. (Osc/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini