Sukses

Pump It Up! Game dan Olahraga yang Menyenangkan

Pump It Up adalah salah satu wahana permainan yang pada umumnya ada di dalam mall dan sering kali dimainkan oleh sekelompok anak muda.

Citizen6, Yogyakarta: Pump It Up adalah salah satu wahana permainan yang pada umumnya ada di dalam mall dan sering kali dimainkan oleh sekelompok anak muda dengan semangat yang membara.

Permainan Pump It Up telah hadir di Indonesia sejak  2006, dan keanggotaan komunitasnya mengalami regenerasi. Saat ini, telah ada puluhan club Pump yang tersebar di seluruh Indonesia. Masing-masing club memiliki prestasi, baik tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Di Yogyakarta ada 3 club yang masih aktif, yaitu Allied Beat Community (ABCom), Automatic Manual Technique (AMT), dan Freedom Dance Crew (FDC).

Masing-masing club memiliki puluhan anggota. Beberapa anggota dari club-club ini sering menjuarai lomba-lomba di berbagai daerah, bahkan ada pula yang maju ke tingkat dunia, World Pump Festival (WPF). Mereka adalah kakak-beradik Reynardus dan Raymund (duo R, dari ABCom) dan Ryoku Hafis (FDC) yang pada  2011 meraih juara 2 Indonesian Pump Festival (IPF). Hafis lalu terbang ke China menggantikan Yoel (AMT) dan menjadi juara 1 IPF 2011. Selain menjadi juara 1, ia pun mendapatkan peringkat 4 se-dunia dan mengharumkan nama Indonesia.

Kegiatan dalam Komunitas ini ada 2, yakni latihan dan mengikuti lomba. Untuk markas FDC, latihan dilakukan di Timezone Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, yang digelar setiap rabu sore. Sedangkan markas AMT menggelar latihannya setiap jumat sore minggu ke-2 dan minggu ke-4 di Kidsfun Mirota Jakal. Untuk ABCom saat ini sedang dalam tahap persetujuan penggunaan sebuah lokasi sebagai markas. Meskipun memiliki markas dan jadwal latihan sendiri, para anggota dari 3 club ini hampir setiap hari berkumpul di salah satu game center di salah satu mall di Yogyakarta. Mereka bermain bersama, dan saling berbagi trik, meskipun sebenarnya 3 club ini saling bersaing secara positif untuk menjadi yang terbaik.

Di Yogyakarta ada satu EO khusus pump yang namanya sudah kondang di telinga pumper, yaitu sebutan untuk pemain pump- se-Indonesia. Adalah Crash Gear Management (CGM). CGM telah berhasil menyelenggarakan berbagai acara pump, mulai dari lomba dalam skala regional Yogyakarta dan sekitarnya, nasional, dan lomba dengan sistem liga secara online. Lomba-lomba yang diselenggarakan pun selalu ramai oleh peserta. Rata-rata jumlah peserta di setiap lomba ada sekitar 100 orang. Tak hanya menyelenggarakan lomba, komunitas pump Yogyakarta juga sering mengikuti lomba yang diselenggarakan di kota-kota lain seperti Solo, Semarang, Purwokerto, Surabaya, Mojokerto, Madiun, Bogor, Bandung, Tegal, Jakarta, Bali, dan lain-lain.

Manfaat yang didapat selama bergabung dalam komunitas Game Pump It Up ini, yang jelas, kami mendapatkan relasi yang luas, karena peminat pump tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan dunia. Pump It Up melatih kepekaan, konsentrasi, dan keseimbangan antara otak kiri dan kanan serta olah tubuh. Kita bisa berolahraga setiap hari dengan cara yang menyenangkan serta mendapatkan pengalaman berorganisasi dan kompetisi yang kuat, melatih mental, dan kecakapan komunikasi interpersonal. (Devina Fleta Prillamasita/Mar)

Devina Fleta Prillamasita adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @vinafle , @FD_Crew dan email: kenux@ ymail.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini