Sukses

Buat Tempat PKL 24 Jam, Ahok Data Gedung di Sudirman-Thamrin

Lokasi PKL 24 jam bukannya menambah semrawut kawasan Sudirman-Thamrin? Ahok yakin, tidak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan segera mendata seluruh gedung tinggi di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin yang masih mempunyai lahan dan celah untuk dijadikan sebagai lokasi pedagang kaki lima (PKL) 24 jam.

"Jadi itu nanti akan didata, kalau sistemnya gedung-gedung tanpa batas, nanti kita akan bikin kios-kios permanen. Jadi ini seperti koperasi 24 jam, nanti keamanannya, dilengkapi CCTV, itu yang akan kita lakukan," ujar Ahok di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, (22/9/2013).

Menurutnya, selain untuk membuat ruang yang tertata bagi para PKL yang selama ini berjualan di bahu jalan dan memenuhi trotoar, pembangunan lokasi PKL 24 jam itu untuk menambah ruang interaksi warga.

"Pak Gubernur benar-benar berharap Jakarta ini memiliki banyak ruang untuk pertemuan warga, tanpa pertemuan, nanti warga akan salah paham, itu salah satunya," kata dia.

Ahok mengatakan, nantinya bila telah terdata, maka PKL yang selama ini memenuhi bahu jalan akan ditempatkan di lokasi tersebut secara bertahap. Sampai akhirnya tidak ada PKL yang berjualan di tempat-tempat yang telah dilarang untuk berjualan.

"Ini bertahap, sampai nanti kita akan dorong semua masuk, nggak bisa lagi saya mau dagang di sana-dagang sini. Nggak boleh lagi semaunya, kalau sudah ada tempat yang disediakan," kata dia.

Untuk merealisasikan hal itu, Ahok mengaku pihaknya telah memerintahkan Deputi Gubernur Bidang Tata Kota, Sarwo Handayani untuk merealisasikan program tersebut."Kita lagi tugaskan pada deputi, Ibu Yani, jadi semua deputi itu ada tugas yang jelas, jadi 4 deputi itu ada tugas yang jelas, nggak semua Pak Gubernur yang lakukan," kata dia.

Dengan adanya lokasi PKL 24 jam ini, apakah nantinya justru akan menambah semrawut kawasan Sudirman-Thamrin yang selama ini selalu macet di jam sibuk? Ahok yakin hal tersebut tidak akan terjadi.

"Ya nggak dong, kan di dalam, sela antar gedung, di antaranya, itu ada trotoar, di antara tembok gedung, nanti akan ada satu tempat, nanti di sana akan dibangun," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • PKL

Video Terkini