Sukses

Al-Shabab Pelaku Serangan di Mal Nairobi yang Tewaskan 30 Orang

Al-Shabab mengatakan serangan ini sebagai balasan keterlibatan Kenya dalam memerangi militan di Somalia.

Kelompok militan Somalia, al-Shabab mengklaim sebagai pelaku penyerangan di sebuah mal di Westgate, Nairobi, Kenya, pada Sabtu 21 September kemarin. Kelompok al-Shabab mengatakan serangan ini sebagai balasan keterlibatan Kenya dalam memerangi militan di Somalia.

Dilansir dari laman BBC, Mingu (22/9/2013), pernyataan al-Shabab yang merupakan jaringan teroris al-Qaeda itu ditulis pada sebuah akun twitter. Mereka bertanggung jawab atas serangan di pusat perbelanjaan yang kerap disebut sebagai "Westgate" itu.

Serangan itu dimulai sekitar pukul 12.00 siang waktu setempat. Para penyerang melemparkan granat dan menembakkan senjata otomatis. Palang Merah Kenya menyebut 30 orang tewas dalam serangan tersebut. Beberapa di antara korban tewas adalah anak-anak.

Sementara itu, puluhan orang terluka akibat serangan ini. Banyak pemilik toko yang lari tunggang langgang. Sementara, banyak juga yang terperangkap di dalam. Dalam akun twitter itu pula, al-Shabab mengatakan tembak-menembak melawan tentara Kenya masih berlangsung.

Pejabat Kenya mengatakan satu penyerang berhasil ditangkap. Sekretaris Kemanan Dalam Negeri Kenya Mutea Iringo mengatakan pasukan khusus tengah mengevakuasi warga sipil dan mencari para kriminal. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini