Sukses

Ketua DPR Belum Terima Surat Resmi Ruhut Pimpin Komisi III

Padahal, Fraksi Partai Demokrat telah mengumumkan pergantian Ketua Komisi III dari Gede Pasek Suardika kepada Ruhut Sitompul.

Ketua DPR RI Marzuki Alie mengaku sampai saat ini belum menerima surat atau usulan resmi terkait pergantian ketua komisi III DPR. Padahal, Fraksi Partai Demokrat telah mengumumkan pergantian Ketua Komisi III dari Gede Pasek Suardika kepada Ruhut Sitompul.

"Kalau kami sudah terima usulan resmi, maka kami akan menjelaskan kepada Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso untuk segera dilakukan pelantikan. Karena belum ada surat resminya jadi belum ada pelantikan," kata Marzuki di Warung Daun Cikini, Jakarta pusat, Sabtu (21/9/2013).

Marzuki manambahkan, meskipun isu pergantian ketua di komisi yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan itu sudah sangat santer terdengar, namun ia menegaskan, selama belum ada pelantikan dan pengesahan, maka belum akan ada pergantian.

"Pergantian itu kan harus melalui forum di mana nanti forum itu menerima atau tidak. Karena jika tidak maka tidak akan ada pelantikan. Tapi nanti kita tunggu saja," ujar Marzuki.

Sebelumnya Fraksi Partai Demokrat telah mengumumkan pergantian Ketua Komisi III yang semula dijabat Gede Pasek Suardika digantikan Ruhut Sitompul.

Banyak dugaan pergantian tersebut, lantaran Pasek terlibat aktif dalam Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), ormas besutan Anas Urbaningrum. Meski begitu, pergantian jabatan anggotanya di DPR tetaplah menjadi kewenangan fraksi di partai bentukan Presiden SBY tersebut. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini