Sukses

Rupiah Ternyata Masih Berlaku di Timor Leste

Sejak berpisah dari NKRI, Timor Leste menetapkan dolar Amerika Serikat sebagai alat tukar dan jual beli yang sah.

Sejak berpisah dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Timor Leste menetapkan Dolar Amerika Serikat sebagai alat tukar dan jual beli yang sah. Tapi mata uang Rupiah masih bisa digunakan dalam aktivitas perdagangan di Oecusse, wilayah kantung (enclave) Timor Leste, selain dolar AS.

"Kita belanja dengan mata uang Rupiah di sini (Oecusse) masih tetap diterima. Tinggal para pedagang mengonversinya dengan nilai tukar Dolar AS terhadap mata uang Rupiah," kata Wakil Distrik Oecusse Cancio Koa (36) saat berada di warung milik pedagang di Oecusse, Sabtu (21/9/2013).

Cancio mengemukakan, jumlah warga Oecusse saat ini sekitar 65.000 jiwa atau sekitar 432 kepala keluarga, yang sebagian di antaranya berasal dari Indonesia.

"Saya juga berasal dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur tetapi memilih menjadi warga negara Timor Leste, karena saya berada di sini (Oecusse) jauh sebelum Timor Leste merdeka," ujarnya.

Ia mengatakan, mata uang Rupiah masih tetap berlaku di Oecusse, selain karena para pedagangnya dari Indonesia, juga karena hubungan sosial kemasyarakat serta sosial ekonomi umumnya dengan orang Indonesia.

Wilayah Oecusse wilayah diapit oleh 3 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), masing-masing Belu, Timor Tengah Utara, dan Kupang.

"Relasi sosial dan hubungan dagang kami hanya dengan masyarakat dari tiga kabupaten di NTT tersebut, karena Oecusse sangat jauh dari Dili, Ibu Kota Negara Timor Leste," ujarnya.

Otoritas Timor Leste di Dili yang hendak berkunjung ke Oecusse, harus melintasi wilayah Indonesia, yakni melalui pintu masuk Atambua, Ibu Kota Kabupaten Belu maupun Kefamenanu, Ibu Kota Kabupaten Timor Tengah Utara dengan menempuh jalan darat selama 9-10 jam. (Ant/Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini