Sukses

[VIDEO] Kemarau Panjang, Petani Rugi Jutaan Rupiah

Kekeringan semakin meluas di sejumlah daerah di tanah air. Sungai-sungai mengering. Petani pun rugi jutaan rupiah.

Kekeringan semakin meluas di sejumlah daerah di tanah air. Sungai-sungai mengering. Warga sengsara dan petani pun rugi jutaan rupiah karena tanaman mengering dan gagal panen.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (21/9/2013), kekeringan di musim kemarau ini sudah berjalan sekitar 5 bulan. Sumur-sumur warga Desa Plumutan, Kecamatan Bancak, Semarang, Jawa Tengah pun mengering.

Akibat kekeringan ini, mereka harus memanfaatkan cerukan air yang dibuat di dasar sungai yang telah mengering untuk mandi dan mencuci.

Agar air tertampung di dalam cerukan, dasar sungai pun diperdalam hingga setengah meter. Sehingga bisa digunakan untung menampung debit air yang mengalir.

Di Bondowoso, Jawa Timur, para petani cabe harus merugi akibat kekeringan. Daun dan batang tanaman cabe layu dan mengering setelah kekurangan air selama musim kemarau.

Tanaman cabe yang berumur sekitar 3 bulan dan seharusnya bisa dipanen pun akhirnya mati. Bila dalam kondisi normal, panen cabe bisa dilakukan sebanyak 10 kali, kini petani hanya bisa panen 3 kali dengan hasil yang minim.

Kerugian akibat kekeringan mencapai puluhan juta rupiah per petani. Untuk menekan kerugian, para petani akan mengganti tanaman cabe dengan jagung dan ketela pohon. (Riz/Sss)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini