Sukses

UKSA-387 Undip: Cintai Negeri dengan Menyelam

Unit Kegiatan Selam 387 mahasiswa Undip berdiri sejak 1987 dan didirikan oleh beberapa mahasiswa Undip yang terdiri dari beberapa jurusan.

Citizen6, Semarang: Unit Kegiatan Selam 387atau yang lebih sering disebut komunitas selam mahasiswa Universitas Diponegoro, sudah berdiri sejak 1987 dan didirikan oleh beberapa mahasiswa Undip yang terdiri dari beberapa jurusan.

Saat itu beberapa pendahulu yang menggagas berdirinya komunitas ini berasal dari Jurusan Perikanan, Hukum,
Kelautan serta Teknik. Tujuan awal komunitas ini sebagai wadah rekreasi lewat olahraga selam yang tergolong sebagai olahraga ekstrim.

Di era 80-90an, selam masih merupakan olahraga yang belum populer seperti sekarang, apalagi di kalangan mahasiswa. Mungkin para pendahulu kami ingin mendobrak pakem tersebut, kalau mahasiswa juga bisa menikmati olahraga ini dengan sarana dan prasarana yang masih terbatas kala itu. Berawal dari sinilah, UKSA-387 masih kokoh berdiri hingga usianya yang ke-26 tahun sekarang. Kami para generasi muda mengapresiasi usia seperempat abad lebih itu dengan mengabdikan diri di bidang konservasi dan pariwisata bahari.

Kenapa konservasi dan pariwisata bahari? Karena laut adalah rumah kami. Kami bertekad untuk tidak hanya mengagumi pesona laut Indonesia, tapi juga turut serta menjaga kelestariannya. Untuk mewujudkannya kami punya program khusus bertitel Conservation, yang merupakan kependekan dari "Coral, Nature, Serviceable, Volunteer and Action". Program ini diadakan di Kepulauan Karimunjawa.

Dalam program ini kami mengaplikasikan visi kami untuk mengupayakan konservasi wilayah laut dengan cara membuat taman bawah laut dan melakukan transplantasi karang di area tersebut. Selain itu, kami turut mempromosikan area tersebut sebagai salah satu diving spot baru yang tidak kalah menarik. Dalam program ini kami mengajak masyarakat untuk terjun langsung melakukan transplantasi sebagai wujud kepedulian kita terhadap laut. Konservasi dan Pariwisata Bahari kami coba sinambungkan dalam satu program. Di 2013 ini merupakan tahun ketiga terlaksananya program ini dari masterplan selama total 5 tahun.

Be a smart diver, to save the sea adalah yang selalu kami usahakan serukan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indonesia negara maritim, siapa sih yang tidak tahu keindahan bawah laut Indonesia? Mengenal lebih dekat tentang apa yang ada di laut dengan menyelam adalah cara yang menyenangkan untuk mencintai negeri ini. Setelah kenal maka kita pun akan tergugah secara otomatis untuk menjaganya bukan? Seperti kata pepatah, tak kenal, maka tak sayang.

So, tertarik untuk mencintai laut bersama UKSA-387? Let’s join UKSA-387 buddies! (UKSA-387 UNDIP/Mar)

UKSA-387 UNDIP adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.