Sukses

[VIDEO] Peserta Kesurupan, Ritual Bersih Desa di Blitar Ricuh

Ritual Bersih Desa dimulai dengan kenduri tumpeng yang dibawa warga dan dikumpulkan lalu diberi doa oleh tokoh agama.

Ritual bersih desa di Kota Blitar, Jawa Timur, berlangsung ricuh. Peserta ritual kesurupan dan seorang penonton mengamuk dan berusaha menyerang tamu undangan. Kontan, seluruh tamu undangan lari menyelamatkan diri dan sebagian dievakuasi petugas.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (21/9/2013), kemeriahan ritual bersih desa yang diadakan di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, tiba-tiba gempar. Sejumlah peserta ritual mengamuk saat prosesi ritual mulai diberangkatkan dari depan kelurahan. Peserta yang mengamuk menyerang panitia karena dilarang atraksi di depan kelurahan. Bahkan seorang penonton wanita yang ikut mengamuk berusaha menyerang tamu undangan.

Panitia langsung mengamankan seluruh tamu undangan termasuk Wakil Walikota Blitar Purnawan Buchori. Mereka dievakuasi lewat pintu belakang oleh panitia dan petugas Satpol PP. Panitia dengan sigap mengamankan peserta yang mengamuk dan kesurupan kemudian oleh sesepuh desa di bacakan doa-doa.

"Sesepuh desa ikut membantu menenangkan peserta yang kesurupan dan situasi kembali normal," panitia Sri Utami.

Sebelum diberangkatkan dari depan Kelurahan Blitar, Ritual Bersih Desa dimulai dengan kenduri tumpeng yang dibawa warga dan dikumpulkan lalu diberi doa oleh tokoh agama setempat.

Warga juga membawa tumpeng raksasa yang merupakan simbol hasil bumi warga desa setempat. Selanjutnya tumpeng diarak keliling desa dan berakhir di Makam Adipati. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini