Sukses

[VIDEO] Diguyur Hujan Deras, Mekah Terasa Teduh

Belakangan, hujan deras kerap terjadi di Kota Mekah, Arab Saudi, dan sebagian jalanan kawasan gurun itu pun tergenang air.

Tidak seperti biasanya, cuaca di Kota Mekah, Arab Saudi, yang biasanya terik kini justru kerap mendung. Padahal, kota suci umat Islam ini biasanya bersuhu sangat panas, mulai 40 hingga 50 derajat Celcius. Belakangan, hujan deras kerap terjadi dan sebagian jalanan kawasan gurun itu pun tergenang air.

Kondisi ini tentu menjadi berkah bagi jemaah haji asal Indonesia karena bisa menikmati Kota Mekah yang lebih teduh. Kondisi tubuh pun bisa lebih fit karena tidak terlalu lelah berjalan di tengah terik matahari. Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Jumat (20/9/2013) petang, saat hujan, suhu rata-rata di Mekah memang relatif rendah, sekitar 34 derajat Celcius.

Sementara itu, sebagian jemaah haji di Tanah Air baru akan menuju Tanah Suci. Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, mengingatkan seluruh jemaah haji agar berhati-hati, terutama dalam menyimpan uang saku. Maklum, kehilangan uang kerap terjadi di Tanah Suci yang disebabkan keteledoran jemaah.

Untuk mencegah kejadian serupa, Kementerian Agama telah membuat sistem ATM haji, di mana jemaah bisa mengambil uang melalui ATM di 4 bank nasional. Tahun lalu uang jemaah haji Indonesia senilai Rp 600 juta hilang. Diharapkan sistem ini bisa meminimalisir kerugian jemaah. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini