Sukses

Ruhut Ditolak Anggota Komisi III, Demokrat Lakukan Lobi Politik

Penunjukan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR menggantikan Gede Pasek Suardika menuai pro dan kontra.

Penunjukan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR menggantikan Gede Pasek Suardika menuai pro dan kontra. Banyak anggota Komisi III DPR yang menyatakan penolakannya dengan rencana Fraksi Partai Demokrat ini.

Karenanya, Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, pihaknya akan melakukan lobi-lobi politik kepada Ketua-Ketua Fraksi di DPR agar Ruhut tidak ditolak menjadi Ketua Komisi III DPR.

"Yang jelas, kami akan akan lakukan lobi-lobi politik, dan itu bukan hal yang dilarang," kata Nurhayati di Gedung DPR Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Namun, lanjut dia, lobi-lobi hanya sebatas pada ketua-ketua fraksi, tidak akan dibawa ke Sekretariat Gabungan. "Tak perlu dibawa ke Setgab. Kok meragukan kemampuan saya," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Nurhayati menjelaskan, Fraksi Partai Demokrat tak pernah mengurus fraksi lain saat membuat keputusan untuk menempatkan kadernya sebagai pimpinan komisi atau alat kelengkapan dewan lainnya.

"Kami minta teman-teman lain menghargai kami. Tidak adil kalau Ruhut disebut tak punya kemampuan. Beri kesempatan ke Ruhut. Memimpin komisi bukan karena pengalaman, tapi karena keputusan fraksi," ujar dia.

Oleh karena itu, Fraksi PD tak akan mengubah keputusannya yang telah menetapkan Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR.

"Tidak akan ubah keputusan. Ini dinamika dalam politik. Ini hal biasa, memang ada hak anggota beri tanggapan, tapi bukan berarti penolakan. Beri Ruhut kesempatan. Dia punya leadership untuk memimpin," tutup Nurhayati. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.