Sukses

[VIDEO] Ini Cara Bikin Perkutut Anda Berharga Ratusan Juta Rupiah

Para penggemar burung perkutut punya cara sendiri untuk meningkatkan nilai jual burung peliharaannya.

Para penggemar burung perkutut punya cara sendiri untuk meningkatkan nilai jual burung peliharaannya. Mereka menggelar lomba kicau burung perkutut secara berkala.

Kali ini, giliran Pasuruan Jawa Timur yang menjadi tuan rumah. Burung perkutut yang sering menang lomba, konon bisa terjual hingga ratusan juta rupiah.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (20/9/2013), sekitar 400 peternak burung jenis perkutut dari berbagai daerah ikut serta dalam festival perkutut di lapangan Kelurahan Pogar Kecamatan Bangil Pasuruan. Para pesertanya berasal dari Probolinggo, Trenggalek, Surabaya, Semarang hingga beberapa kota besar di Sumatra, kalimantan dan Sulawesi.

Dalam lomba itu, burung perkutut diletakkan di dalam sangkar setinggi 6 meter. Fungsi ketinggian adalah agar burung dapat berkicau dengan lantang.

Penilaian dilakukan berdasarkan pakem suara, mulai suara depan, suara tengah hingga suara ujung. Jika kicauan perkutut tidak membentuk pakem suara, maka peserta dinyatakan gugur dalam kompetisi,

Namun jika kicauan memenuhi kriteria, akan mendapat gelar juara. Nilai jual sang burung pun dapat meningkat berlipat-lipat hingga ratusan juta rupiah.

Aeekor anakan jantan berusia 5 bulan, bisa laku seharga Rp 350 juta, sementara indukan jantannya mampu menembus harga Rp 500 juta. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini