Sukses

Presiden China Kunjungi Indonesia Awal Oktober

Presiden China, Xi Jinping, akan berkunjung ke Indonesia awal Oktober mendatang untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Presiden China, Xi Jinping, dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada awal Oktober mendatang. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral yang telah terjalin di antara kedua negara.

"Rencana dan persiapan kunjungan ini sudah direspons oleh Presiden dan akan dibahas lebih dalam," jelas Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Dijelaskan Djoko, dalam pertemuan kedua kepala negara akan dibahas berbagai isu. "Umumnya isu regional dan global, termasuk Laut China Selatan dan Suriah," imbuhnya.

Selain itu, akan ada penandatanganan sejumlah MoU di bidang maritim, investasi, budaya, industri dan pendidikan. Untuk memantapkan rencana pertemuan, Djoko mengatakan akan membahasnya dengan Anggota Dewan Negara China, Yang Jiechi yang saat ini sedang berada di Indonesia.

Kehadiran Yang selama 3 hari di Indonesia adalah untuk menggelar dialog yang membahas kerja sama di bidang politik, hukum dan keamanan kedua negara serta pengaruhnya bagi kawasan. Dalam dialog ini delegasi Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Polhukam Djoko Suyanto dan delegasi China dipimpin Yang Jiechi.

Dialog bilateral antara Menko Polhukam dan Dewan Negara China merupakan pelaksanaan salah satu butir Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis RI-China yang ditandatangani April 2005. Tujuannya untuk lebih meningkatkan kerja sama di bidang politik, hukum, dan keamanan kedua negara yang telah berjalan baik. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.