Sukses

Moklet Cinta Berbagi, Komunitas yang Mengajarkan Saling Berbagi

Komunitas ini berawal dari saling mengingatkan sedekah di dalam kelas.

Citizen6, Malang: Komunitas Moklet Cinta Berbagi ini mulai aktif sejak tahun 2010 oleh sebagian siswa kelas 3 SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Kata Moklet, kami ambil dari kata telkom yang di balik sesuai dengan kebiasaan warga kota Malang yang suka memainkan bahasa-bahasa kebalikan.

Berawal dari saling mengingatkan sedekah di dalam kelas dengan menyisihkan sebagian uang saku setiap hari, kemudian uang yang telah terkumpul selama 1 bulan kami salurkan ke salah satu lembaga yg bergerak di bidang penyaluran dana sosial di kota Malang.

Setelah berjalan beberapa waktu, kamipun berkeinginan untuk menyalurkan secara langsung uang yang kami kumpulkan tadi ke panti-panti yang membutuhkan. Dan hingga saat ini kami lebih sering dan terfokus untuk menyalurkan uang-uang tersebut ke panti balita. Kenapa begitu? Karena kami sadar bahwa di usia tersebut sebenarnya adik-adik kecil yang ada di panti sangat membutuhkan belaian kasih sayang dari keluarga-keluarga terdekatnya.

Dalam setiap penyaluran dana, kami biasakan datang berkunjung ramai-ramai untuk melihat kondisi mereka, berbagi bahagia dan juga memberikan kasih sayang layaknya keluarga kami sendiri. Ada banyak hal yang dapat kami ambil hikmah dari setiap kunjungan ke panti. Salah satunya kami menjadi sangat bersyukur bahwa Allah masih memberi kami orang tua atau mungkin yang orang tuanya sudah meninggal, setidaknya kami masih diberi kesempatan untuk merasakan kasih sayang dari mereka.

Dalam penyaluran uang yang kami kumpulkan, kami tidak hanya datang dan sekedar bermain kemudian pulang, tapi kami juga mengajak adik-adik kecil tadi untuk keluar bersama seperti main ke kebun binatang Surabaya, ke taman flora atau ke tempat-tempat lain untuk bermain bersama sekaligus memberikan pelajaran dan mengenalkan mereka dengan alam.

Kami yang bergerak aktif di komunitas ini mempunyaI tujuan dan pemikiran yang sama. Bahwa di usia muda kita dapat mempergunakan usia itu untuk melakukan hal-hal baik dengan mengingat saudara-saudara kita yang membutuhkan di luar sana. Sehingga daripada kami main-main menghabiskan uang dan belanja ke mall atau ke tempat yang lain, kami lebih memilih mengumpulkan uang tersebut untuk diberikan kepada adik-adik supaya mereka juga merasakan kebahagiaan sama seperti apa yang kami dapatkan selama ini.

Teman- teman yang aktif di komunitas ini berkisar antara 16- 3 tahun usianya (siswa dan alumni SMK Telkom). Yang membuat kami, tim MCB, semangat untuk terus melakukan aksi-aksi berbagi karena kami bangga ternyata banyak juga teman-teman laki- aki yang dari luar terlihat acuh atau nakal, ternyata mereka juga memiliki hati yang sangat tulus untuk membantu adik-adik yang membutuhkan.

Awalnya komunitas ini hanya beranggotakan siswa-siswi dan alumni SMK Telkom, tapi seiring berjalannya waktu banyak mahasiswa-mahasiswa dari luar keluarga Telkom yang ikut bergabung dalam komunitas ini dan tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kami, seperti mahasiswa ITS, Universitas Machung Malang, Universitas Brawijaya, UM, UMM, Poltek dan masyarakat umum yang tertarik Bergabung. #Salam Berbagi MCB (Apfika Nurhayati /Arn)

*Apfika Nurhayati  adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.