Sukses

Pertama Kalinya! Jokowi Pidato Bahasa Inggris

Para gubernur-walikota dari negara-negara anggota ASEAN ada di hadapan Jokowi. Jokowi pun berpidato dalam bahasa Inggris. Pertama kalinya!

Para gubernur-walikota dari negara-negara anggota ASEAN ada di hadapan Jokowi. Ada 110 orang delegasi dari 10 ibukota negara anggota ASEAN. Jokowi pun berpidato dalam bahasa Inggris. Pertama kalinya!

Meski demikian Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini memulainya dengan mengucapkan salam dalam bahasa Arab.

"Assalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh," ucap Jokowi dalam acara Meeting of The Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2013)

"Yang terhormat Bapak Wakil Menteri Luar Negeri, Excellencies Ambassador, Colleagues and delegates from the Capitals of ASEAN, Colleagues from Local Government Association in ASEAN, Yang Terhormat Bapak Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Yang Terhormat Bapak Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Hadirin yang saya hormati," urai Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih, dan dasi merah ini menyampaikan pidato bahasa Inggris dengan membaca teks. Tempo membacanya lambat, kata per kata diucapkan dengan hati-hati.

Beberapa kali Jokowi terdengar mengulang kata-kata dalam pidatonya. Hanya sesekali Jokowi melihat hadirin, lalu dengan seksama kembali melihat teks pidatonya.

"We need to be a... to better understand what is about to come and how we can prepare the people in our cities and ourselves for the ASEAN Economic Community. (Kita perlu memahami lebih baik apa yang akan datang dan bagaimana kita dapat menyiapkan masyarakat di kota kita dan kita sendiri untuk ASEAN Economic Community)," ucap Jokowi.

Pria bertubuh kurus ini terlihat agak grogi, tegang, dan serius. Tidak seperti biasanya luwes dan penuh dengan senyum, bahkan membanyol dan penuh gurauan sehingga suasana cair.

"Thank you," ujar Jokowi mengakhiri pidato bahasa Inggris perdananya. Standing applause hadirin bergemuruh. Jokowi turun dari podium dan kembali ke tempat duduknya, menyalami Gubernur Bangkok Sukhumband Paribatra yang duduk di sebelah kirinya.

Jokowi terlihat masih sulit tersenyum... (Sss/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini