Sukses

Fotografi Bercerita, Wadah Berkumpulnya Para Penggemar Foto

Cerita-cerita yang muncul dari setiap foto tentu akan berbeda-beda, tidak akan mungkin pernah sama.

Citizen6, Jakarta: Komunitas Fotografi Bercerita Indonesia (KFBI) dibentuk pada bulan Juni 2012 oleh Andrizal dengan memanfaatkan fasilitas halaman group di media sosial Facebook. Berawal dari kecintaannya pada fotografi dan keinginannya membentuk komunitas fotografi yang mengutamakan kedekatan antar anggotanya melalui cerita dan foto yang dibagi dalam grup.

Tujuan utama KFBI adalah menyediakan wadah yang terbuka dan ramah untuk pencinta fotografi dari berbagai profesi dan latar belakang, juga berbagai usia yang menggunakan berbagai jenis kamera, mulai dari kamera ponsel hingga dSLR dan untuk semua cabang fotografi mulai dari landscape sampai macro, dari potret manusia hingga food photography tanpa membedakan kemahiran. KFBI juga menerapkan peraturan yang ketat untuk tidak mengunggah foto yang melibatkan rokok, minuman keras, kebencian, kekerasan, dan model dengan pakaian terbuka sehingga komunitas ini sesuai untuk siapa saja.

Karena berbasis internet, anggota KFBI tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Di sepanjang pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, sampai Maluku. KFBI menyatukan keindahan Indonesia lewat foto-foto tentang keberagaman budaya dan kekayaan alam. Nasionalisme, kecintaan pada negeri, rasa syukur, dan toleransi terbangun dari sini. Setiap anggota menjadi keluarga dan dengan senang hati berbagi cerita dan teknik di balik fotonya untuk memperkaya anggota lain.

Meskipun belum seluruhnya pernah bertemu secara langsung, namun kedekatan para anggotanya mampu menciptakan forum komunikasi yang menyenangkan untuk membicarakan berbagai topik mulai dari teknik fotografi, masalah sehari-hari, alam, ekonomi, politik, dan banyak lagi. Topik-topik ini kemudian juga tertuang dalam bentuk latihan memotret dan menulis.

KFBI mungkin hanya sebentuk kecil dari perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang kebetulan hadir dalam bentuk fotografi, tapi semoga bisa menjadi pengingat untuk selalu belajar menghormati dan mencintai Indonesia sebagai satu dalam keberagaman. Seperti pelangi, yang bermacam warnanya akan tampak lebih indah bila berdiri bersama-sama. (Fotografi Bercerita/Arn)

*Fotografi Bercerita adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan,wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.