Sukses

[VIDEO] Pengungsi Letusan Sinabung Nekat Pulang ke Rumah

Sejumlah pengungsi nekat kembali ke rumah meskipun kondisi Gunung Sinabung di Sumatera Utara belum kembali normal.

Meskipun kondisi Gunung Sinabung di Sumatera Utara belum kembali normal, sejumlah pengungsi nekat kembali ke rumah. Warga ingin melihat kondisi rumah dan desa setelah tertutup debu vulkanik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (16/9/2013), sejumlah warga Desa Simpang Empat yang berada di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali ke kampung halaman pascaletusan karena ingin melihat kondisi rumah.

Warga yang merasa bosan di posko pengungsian pun nekat menjenguk kampung halaman, meski khawatir akan terjadi letusan susulan. Mereka berdalih telah diizinkan kembali ke desa oleh posko pengungsian, karena kondisi erupsi Gunung Sinabung mulai normal.

Debu vulkanik tak hanya menyapu pemukiman warga. Sekitar 200 hektare perkebunan sayur di 2 kecamatan, Simpang Empat dan Naman Teran turut terimbas letusan Sinambung. Berton-ton tanaman cabe, kol, kentang, dan jeruk tertutup debu vulkanik, bahkan sebagian mati. Kentang yang berusia 5 bulan pun terpaksa dipanen dini dari usia 9 bulan seharusnya.

Sampai saat ini, Pemda Karo belum juga datang ke lokasi untuk menjenguk kawasan yang dikenal sebagai penyuplai utama sayuran di Sumatera Utara ini. Letusan Sinabung hari Minggu kemarin membuat hampir 6 ribu jiwa mengungsi di 7 kantong-kantong pengungsian. Status Sinabung masih berada di level siaga hingga Senin ini. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.