Sukses

Malu Belum Punya MRT-Monorail, Jokowi: Masak Saya Jawab Metromini

Menurut Jokowi, angkutan umum di Jakarta yang ia gunakan dari 1985 hingga sekarang masih sama saja. Seperti Metromini dan Kopaja.

Pembangunan moda transportasi berbasis rel di Jakarta yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan monorel segera dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2013. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku, kedua proyek yang sudah puluhan tahun direncanakan itu dipercepat karena malu dengan negara-negara lain yang telah memiliki MRT dan monorel.

"Saya malu kalau kedatangan pejabat dari luar, kayak Timur Tengah, Jepang, atau Eropa. Kalau diskusi transportasi, saya malu monorel belum punya, MRT belum punya. Kalau ditanya masak saya jawab Kopaja, Metromini, atau Bajaj," ujar politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi itu di Lebak Bulus, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Menurut Jokowi, angkutan umum di Jakarta yang ia gunakan dari 1985 hingga sekarang masih sama saja. Seperti Metromini dan Kopaja yang tetap beroperasi, hanya sopir yang terus berganti-ganti.

Sementara monorael dan MRT yang sejak belasan tahun lalu direncanakan belum juga direalisasikan. Sedangkan Malaysia telah memiliki monorel semenjak 11 tahun yang lalu dan MRT sudah ada di negeri Jiran tersebut sejak 24 tahun lalu.

"Monorel rencananya duluan kita, tapi yang punya Malaysia, yang malu kan kita. Saya pengin cepat, biar kalau ada tamu saya bisa cerita. Oktober dimulai, begitu. Jadi warga Jakarta, bangsa Indonesia punya kebanggaan," kata mantan Walikota Surakarta itu. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini