Sukses

Demo Buruh, Giliran Kementerian BUMN Digeruduk

Usai melakukan unjuk rasa di Bundaran HI, ribuan buruh melakukan aksi long march ke titik berikutnya, yakni Kementerian BUMN.

Usai melakukan unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (HI), ribuan buruh melakukan aksi long march ke titik berikutnya, yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Massa buruh meminta Menteri BUMN Dahlan Iskan menghapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing yang masih diberlakukan oleh perusahaan-perusaahan BUMN.

"Harus dihapuskan sistem kontrak, hapuskan sistem outsourcing di perusahaan-perusahaan BUMN dan BUMD," ujar salah satu orator demo lewat pengeras suara di depan Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2013).

Pantauan Liputan6.com, massa buruh tiba di depan Kementerian BUMN sekitar pukul 12.30 WIB. Hanya sekitar 30 menit mereka beraksi di kementerian yang dipimpin Dahlan Iskan tersebut.

Usai dari Kementerian BUMN, massa buruh kembali melanjutkan long march menuju kompleks Istana Kepresidenan. Massa buruh melakukan aksi long march melewati Jalan Medan Merdeka Timur.

Jalan Medan Merdeka Selatan sempat lumpuh total akibat aksi kendaraan saat buruh menggeruduk Kementerian BUMN.

Dalam aksi hari ini, mereka menuntut menghapus sistem kerja kontrak dan outsourcing, upah layak, serta jaminan sosial. Selain berorasi, para buruh juga membawa sejumlah atribut aksi unjuk rasa, seperti spanduk, bendera, dan poster. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini