Sukses

[VIDEO] Kekeringan Landa Sebagian Jawa, Warga Kesulitan Air

Akibat kekeringan melanda sebagian pulau Jawa, warga mulai kesulitan mendapat air bersih. Sehingga harus menyediakan dana tambahan.

Kekeringan melanda sejumlah daerah di tanah air, khususnya di Pulau Jawa. Di Jawa Tengah, sudah 2 bulan warga kawasan Punggung, Pemalang, Jawa Tengah harus antre berjam-jam untuk mendapatkan air bersih.

Sementara pasokan air bersih dari pemerintah daerah, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (16/9/2013), tak tentu datangnya. Kini mereka harus menyediakan dana ekstra untuk membeli air.

Di Banjar Jawa Barat, belakangan ini akibat kekeringan di pegunungan, banyak lutung yang turun ke perkampungan warga untuk mencari makan, namun akhirnya berhasil ditangkap.

Sementara di Grobogan, Jawa Tengah, seorang warga bernama Bambang mempunyai solusi mengatasi kekeringan, yakni dengan menyalurkan air dari sungai Serang yang jaraknya 2 kilometer dari Desa Winong, menggunakan mesin pompa.

Selanjutnya, air dialirkan ke sawah melalui selang yang terbuat dari bahan terpal. "Saya berpikir supaya masyarakat di sini nggak pada nganggur," ujar Bambang.

Dengan cara seperti ini, di saat daerah lain kekeringan warga bisa tetap menanam bawang dan panen dengan hasil memuaskan. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini