Sukses

Jokowi Pastikan Pembangunan MRT di Dukuh Atas Dimulai Bulan Depan

Pembangunan transportasi massa berbasis rel MRT di Jakarta mulai dilaksanakan pada Oktober 2013.

Pembangunan transportasi massa berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) segera dimulai bulan depan, Oktober 2013. Peletakan batu pertama proyek akan dilakukan di Dukuh Atas, Jakarta Selatan.

"Ini baru mobilisasi alat-alat berat dari Jepang untuk masuk ke sini. Pertengahan atau awal Oktober nanti baru akan masuk betul-betul ke pelaksanaan. Sekarang pagarnya sudah dimulai di Dukuh Atas," kata Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (16/9/2013).

Stasiun Dukuh Atas akan menjadi lokasi terbesar dan terintegrasi transportasi. Mulai dari MRT, Transjakarta, dan Kereta Rel Listrik (KRL). Mengapa Dukuh Atas? Karena lokasi ini juga menjadi titik pertemuan dengan Stasiun Sudirman.

Sementara guna mendukung pengerjaan konstruksi, ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan itu akan dipindahkan ke tempat lain. "Terminal yang terbesar itu nanti di situ (Dukuh Atas). Nanti hijauannya diputar dipindah ke tempat lain, pohon-pohon dan segala macam. Untuk membuat terowongannya ke bawah," kata Jokowi.

Selain itu, pembangunan Monorel juga akan dilaksanakan di waktu yang sama dengan MRT. Untuk titik pertama pengerjaan Monorel dimulai dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Depo Monorel yang pertama, menurut Jokowi, masih dipertimbangkan untuk dibangun di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Maka dari itu, pihaknya sedang melakukan percobaan traffic management apa yang cocok untuk diterapkan ketika dilakukan pekerjaan MRT dan Monorel.

"Berbarengan, karena itu kita akan coba terus management traffic-nya seperti apa. Pengelolaan lalu lintasnya seperti apa. Kalau nggak nanti dua tempat ini bisa bahaya. MRT kira-kira 5-6 tahun dan Monorel kira-kira 3 tahun," kata Jokowi. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Dukuh Atas