Sukses

Ahok, Belitung Timur, dan Laskar Pelangi

Demi melancarkan promosi Belitung Timur lewat Laskar Pelangi, Ahok kemudian memborong semua novel itu.

Siapa tak kenal novel tetralogi Laskar Pelangi? Lewat karya fenomenal Andrea Hirata itu, kota kelahiran Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Belitung Timur terangkat namanya. Ahok pun mengakui, Laskar Pelangi memperkenalkan potensi pariwisata Belitung Timur. Apalagi ketika novel itu difilmkan.

Ahok yang saat itu masih menjabat sebagai Bupati Belitung Timur itu pun tak tinggal diam. Demi melancarkan promosi Belitung Timur lewat Laskar Pelangi, Ahok kemudian memborong semua novel itu.

"Saya tahu novel itu booming dan katanya kalau best seller, Mira Lesmana mau filmkan dan syuting di Belitung," tutur Ahok di Desa Gantong, Belitung Timur, Minggu malam (15/9/2013).

"Akhirnya saya perintahkan asisten pergi ke Jakarta, borong semua novel di Jakarta! Supaya ketika buku habis, jadi best seller dan mereka jadi buat film di sini," ucapnya.

Dan benar saja. Ketika novel itu best seller, produser film ternama Mira Lesmana mengajak serta sutradara muda Riri Riza untuk memfilmkan Laskar Pelangi di Belitung Timur. "Setelah itu difilmkan, saya sudah enggak tahu lagi, karena waktu itu saya sudah bukan bupati lagi," ujar Ahok.

Kesuksesan Laskar Pelangi dalam mendongkrak potensi Belitung Timur pun diakui Bupati Belitung Timur yang juga adik kandung Ahok, Basuri Tjahaja Purnama. "Ketika ada festival itu, kami support habis, karena dari nama Laskar Pelangi, akhirnya Belitung Timur dikenal dunia," kata Basuri.

Ia pun mengaku, sempat ingin membuat taman berbentuk miniatur Laskar Pelangi sebagai objek wisata alam Belitung Timur. Lewat tempat wisata itu kita bisa menapak tilas perjalanan 10 siswa SD Muhammadiyah.

"Kita mau jadikan Taman Mini Laskar Pelangi, jadi nanti orang bisa ketemu Ibu Muslimah, ketemu orang yang ada di sejarah itu. Mereka bisa nikmati kondisi seperti tahun 70-an, jadi ekonomi nanti akan berkembang, ini kita masih menunggu sign dari Andrea Hirata," paparnya.

"Jadi nanti masyarakat ikut. mereka bisa sewa sepeda, jual cinderamata, jadi pedagang disitu, jadi nanti mereka pun bisa hidup. Ekonomi rakyat berkembang," harap Basuri. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini