Sukses

Korea Selatan Tahan Kapal Pesiar Super Mewah China

Sekitar 2.300 penumpang dan kru kapal pesiar itu berada di atas Henna sejak Jumat yang lalu.

Kapal pesiar mewah China, Henna, yang memasuki wilayah Jeju ditahan oleh Korea Selatan. Pengadilan Korea Selatan memerintahkan kapal pesiar tersebut untuk tidak meninggalkan Jeju setelah ada permintaan dari perusahaan pelayaran China, Jiangsu Shagang International.

Tidak jelas, terjadi sengketa apa sehingga Henna diperintahkan tidak meninggalkan Jeju. Yang jelas, sekitar 2.300 penumpang dan kru kapal pesiar tersebut berada di atas Henna sejak Jumat yang lalu.

Laman BBC, Minggu (15/9/2013) memberitakan, lebih dari 1.000 orang dijadwalkan akan diterbangkan kembali ke China pada hari ini. Setidaknya, 4 kapal dari hainan Airlines akan mengangkut mereka.

Henna beroperasi di bawah bendera China awal tahun ini. Sebelumnya, kapal mewah ini dioperasikan oleh perusahaan Inggris-Amerika Serikat, Carnival Cruise Lines. Kapal ini juga menjadi kapal pesiar mewah pertama yang dimiliki China.

Dalam sebuah pernyataan, operator Henna menyebut penahanan ini sebagai pelanggaran kebebasan individu para penumpang dan mencederai hak pelayaran secara damai. Badan Turisme Cahina mengontak pihak Korsel, meminta pelepasan para kru dan penumpang.

Kapal ni berangkat dari Tianjin, pelabuhan dekat Beijing pada Rabu yang lalu. Kapal ini dijadwalkan berlayar mengelilingi Korsel dan akan kembali ke Tianjin 6 hari kemudian. Kapal ini mengangkut 1.659 penumpang dan 650 kru. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini