Sukses

Menabrak Angsa, Jet Tempur Inggris Jatuh

Jet tempur itu jatuh mengalami overshot dan menabrak jaring di ujung landasan.

Sebuah jet tempur Hawk milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang tengah turut serta dalam sebuah latihan mengalami kecelakaan. Pesawat tersebut jatuh setelah menabrak seekor angsa.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Minggu (15/9/2013), kecelakaan itu terjadi pada Jumat 13 September yang lalu. "Pesawat sedang melakukan praktik pendaratan darurat. Ketika di landasan pacu, pesaawat itu menabrak seekor burung dan menabrak penghalang," demikian pernyataan Departemen Pertahanan Inggris.

Pesawat itu diawaki oleh seorang istruktur dan murid penerbang. Mereka tengah berlatih untuk mendaratkan pesawat di lapangan terbang di Mona, Anglesey bagian tengah.

Namun nahas, sebelum menyentuh landasan, jet itu menabrak angsa. Sehingga, pendaratan jet tempur itu melampaui landasan atau overshot dan menabrak jaring pembatas. Beruntung, baik instruktur maupun murid penerbang yang mengawaki pesawat tersebut selamat dan tidak mengalami cedera.

Pesawat Hawk T1 ini menggunakan mesin turbo Rolls-Royce. Jet tempur ini mulai digunakan oleh AU Inggris sejak 1976. Jet ini kerap kali digunakan untuk berlatih terbang dan mendarat para pilot Inggris.

Kecelakaan yang disebabkan binatang ini bukan yang pertama kali. Padahal, kecelakaan ini berpotensi menyebabkan kematian. Pada 2010, sebuah pesawat celaka setelah seekor buaya yang dibawa penumpang lepas.

Pesawat tersebut kehilangan keseimbangan karena banyak penumpang yang panik karena berusaha menghindari buaya yang lepas itu. Akibatnya, jatuhlah pesawat kecil itu. Seeorang kopilot dan 19 orang lainnya tewas. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.