Adik Ahok: Abang Memang Cerewet, Tapi Lebih Ganteng

on

Basuri Tjahaja Purnama memang tidak setenar kakaknya, Basuki Tjahaja Purnama, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, di kampung halamannya di Belitung Timur, Basuri adalah sosok yang disegani.  

Saat ini dia adalah orang nomor satu di Belitung Timur melanjutkan perjuangan Ahok, sapaan akrab Basuki, sebagai Bupati di pulau penghasil timah itu.

Sekilas dilihat secara fisik, Ahok dan Yuyu, sapaan Basuri, perbedaan mereka tidak terlalu mencolok. Maklum, keduanya hanya terpaut umur 1,5 tahun. Sama berkulit putih, bertubuh tegap, namun perawakan Yuyu terlihat sedikit lebih gemuk dibanding Ahok.

Basuri yang juga mantan kepada Dinas Kesehatan Belitung Timur sebelum menjabat Bupati ini juga terlihat lebih pendek dibanding kakaknya.

Namun menurutnya, ada beberapa kesamaan dirinya dan sang kakak, keduanya sama-sama suka ngoceh dan bicara panjang lebar. Terbukti adanya tahi lalat di sekitar mulut Yuyu dan Ahok. Namun jika ditanya, lebih cerewet mana Ahok dibanding Yuyu, pria berumur 45 tahun itu punya jawaban lucu.

"Kita sama-sama suka ngomong, tetapi saya lebih banyak ngomong dari pada abang. Lihat saja tahi lalat di bawah bibir punya, ada dua. Nah, kalau Abang itu cuma satu tahi lalatnya," ujar Yuyu di kediaman orangtuanya di Kecamatan Gantong, Belitung Timur, Minggu, (15/9/2013).

Ahok Lebih Ganteng

Basuri yang berprofesi sebagai dokter ini juga mengakui kalau sang kakak, dari penampilan fisik lebih gagah dan ganteng. Karena itulah, kata Yuyu, saat masih muda banyak perempuan di Belitung Timur yang suka dengan Ahok.

"Waktu muda, pacar abang lebih banyak dari aku, banyak cewek Belitung suka dengan abang," kata Yuyu.

Terkait dengan lebih gantengnya Ahok dibanding dirinya, Yuyu pun kembali melempar guyonannya. Yuyu bilang, ada salah satu penyebab mengapa sang kakak justru terlihat lebih rupawan dan lebih muda dibanding dirinya.

"Itu ada ceritanya kenapa abang lebih ganteng dari saya. Beliau anak pertama, jadi kalau anak pertama, orang tua kami masih semangat `bikinnya`. Saya kan anak kedua, jadi `bikinnya` tidak sesemangat anak pertama," canda Yuyu.

Menurutnya, walau tinggal berjauhan, Yuyu mengaku hubungannya dengan Ahok berlangsung harmonis. Untuk menjaga komunikasinya dengan sang kakak, Yuyu dan Ahok kerap saling menelepon menanyakan kabar keluarga masing-masing.

"Ya, kita biasa saja, karena aku sibuk, abang sibuk. Paling kita suka telepon-teleponan saja," katanya.

Ahok dan Yuyu lahir dari pasangan Indra Tjahaja Purnama (Kon Nam) dan Buniarti Ningsih. Indra semasa hidupnya dikenal sebagai seorang pengusaha keturunan Cina yang darmawan.

Ayah mereka mendidik Ahok dan Yuyu untuk selalu peduli terhadap orang yang tidak mampu. Atas dasar itulah, Ahok dan Yuyu yang kini sama-sama menjabat kepada daerah selalu memprioritaskan kepentingan warganya yang kurang mampu dibanding program lainnya.

"Bapak selalu ajarkan kami untuk bersedekah. Sumbang masjid, anak yatim, tanpa memandang apa agamanya," imbuh Yuyu. (Rmn/Yus)

Credit Rochmanuddin

Suka artikel ini?
Luqman Rimadi
Luqman Rimadi

@luqmanrush   Full bio »

0 Comments