Sukses

Gunung Sinabung Meletus, Status Jadi Siaga

Masyarakat di Desa Sukameriah yang berada di dalam radius 3 km dan berada di bukaan kawah diungsikan.

Gunungi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus. Tinggi letusan tidak terlalu tinggi. Letusan memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil yang melanda desa-desa sekitarnya.

Terlihat adanya api di puncak kawah, Minggu (25/9/2013) pukul 02.45 WIB.

"Asap tebal hitam yang membawa abu keluar dari kawah Sinabung. Dari parameter kegunungapian yang dipantau Pos Gunung Api Sinabung tercatat 255 gempa vulkanik dalam, 16 kali gempa hembusan, 5 gempa tektonik local, 24 gempa tektonik jauh, dan tremor 15 mm," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.
 
Terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunungapi Sinabung ini, PVMBG Badan Geologi telah meningkatkan statusnya dari Waspada (level II) menjadi Siaga (Level III) terhitung mulai Minggu pukul 03.00 WIB. Rekomendasinya, tidak ada aktivitas di radius 3 km dari kawah.

Masyarakat di Desa Sukameriah yang berada di dalam radius 3 km dan berada di bukaan kawah diungsikan terlebih dulu.
 
Menurut Sutopo, masyarakat di Desa Sukameriah dan Desa Kutarayat telah melakukan evakuasi mandiri ketika mereka mendengar gemuruh dan letusan Gunung Sinabung. Mereka mengungsi ke Kabanjahe, ibukota Kabupten Karo.

Pengungsi ditempatkan di gedung dan jambur-jambur sekitar Kantor Bupati Karo. "Jumlah pengungsi masih dalam pendataan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan," ujar Sutopo. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.