Sukses

Liburan, Ahok Justru Jadi Pemandu Wisata

Liburan akhir pekan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mudik ke kampung halamannya, Belitung Timur.

Liburan akhir pekan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mudik ke kampung halamannya di Kecamatan Gantong, Belitung Timur. Kunjungan Ahok tanah kelahirannya itu adalah yang pertama kali setelah dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Hampir setahun aku nggak pernah pulang kampung, kangen juga pulang kampung. Ini pertama kali lah setelah jadi wagub, terakhir aku pulang kampung pas putaran kedua Pilgub kemarin," ujar Ahok setibanya di Bandar Udara H. A. S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung Timur, Sabtu (14/9/2013).

Pantauan Liputan6.com di Bandara H. A. S. Hanandjoeddin, Ahok langsung disambut para rekan dan kerabat dekatnya, yang sejak pagi menunggu kehadiran politisi Partai Gerindra itu. Ahok pun langsung menuju bus yang telah menunggunya.

Sepanjang Perjalanan, bak seorang pemandu wisata perjalanan, Ahok langsung menyampaikan ucapan selamat datangnya kepada rombongan. Pria berkacamata itu juga mengatakan kepada para awak media yang ikut bersama rombongannya, selama perjalanan ini, ia yang bakal menjadi pemandu wisata.

"Biasanya wartawan yang memandu saya untuk wawancara. Sekarang di sini saya sebagai pemandu wisatanya, saya tour guide-nya," ucap Ahok.

Dalam perjalanan itu, Ahok pun mulai bercerita mengenai sejarah bandara komersil Tanjung Pandan itu. Dia bilang, kala itu, Bandara H. A. S. Hanandjoeddin adalah bandara yang digunakan sebagai pangkalan Udara TNI AU. Namun saat ini fungsinya telah diubah sebagai bandara komersil.

Ahok juga bercerita mengenai potensi Bangka Belitung, khususnya potensi wisata alamnya berupa pantai-pantai indah nan eksotik. Melalui pengeras suara layaknya tour guide, Ahok menyebutkan beberapa pantai-pantai indah di Belitung Timur.

"Di sini pantainya bagus-bagus, ada pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film laskar Pelangi, Tanjung Kelayang, pantai Tanjung Binga dan Tanjung Pendam. Nanti kita mampir ke sana satu-satu," kata Ahok.

Selain itu, Ahok juga menjelaskan, Belitung Timur merupakan salah satu daerah penghasil timah terbesar di Indonesia yang menjadikan Belitung terkenal hingga ke mancanegara. Namun karena sebab itu juga, ekspolarasi timah besar-besaran di daerah tersebut menyebabkan kerusakan alam. Upaya reboisasi hutan untuk mengembalikan lahan bekas tambang minyak produktif tersebut pun gagal dilakukan.

Ahok, yang menjabat sebagai Bupati Belitung Timur selama 3 tahun sejak tahun 2006, membuat kebijakan untuk mereklamasi pulau-pulau yang rusak tersebut agar bisa ditanami kembali. Hasilnya, hutan di Belitung pun bertambah. Jenis pohon penghasil oksigen seperti akasia dan sengon pun banyak tumbuh di hutan-hutan tersebut.

"Yang ini memang baru kebun ini. Ini kesalahan biaya reklamasi uang jaminan terlalu murah. Di sini tanam akasia dan sengon bagus, cepat tumbuhnya. Kalau manggis akan lama. Pernah kita coba tapi gagal," ujar Ahok sambil menunjuk lokasi Hutan yang dulu ia bangun.

Ia pun berharap, pemerintahan Belitung Timur yang dipegang adiknya, Bupati Basuri Tjahaja Purnama, dapat melanjutkan program yang dulu ia lakukan."Ya sekarang beliau yang memimpin. Tentunya saya dukung kalau yang dulu saya kerjakan dilanjutkan," tutup Ahok. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.