Sukses

Tipu Pemotor Bocah, Polisi Gadungan Dihajar Massa di Sunter

Maraknya razia yang digelar kepolisian terhadap pengendara sepeda motor di bawah umur rupanya dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

Maraknya razia yang digelar kepolisian terhadap pengendara sepeda motor di bawah umur rupanya dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Dengan modus mengaku sebagai anggota polisi.

Hal tersebut menimpa bocah 10 tahun, Dafa Firdaus yang mengendarai Honda Beat no pol B 6356 PPB. Ia tertipu polisi gadungan bernama M. Rudini yang beraksi di Jalan Danau Indah Barat, RW 13, Sunter Jaya, Tanjung Priok, pukul 10.30 WIB.

"Korban (Dafa) disuruh 2 tersangka turun dari sepeda motornya, dan mengaku sebagai polisi. Sepeda motor itu lalu dibawa kabur tersangka. Kita masih mengejar rekan tersangka. Dan identitasnya sudah kita ketahui," kata Kanit Reskrim Mapolsek Tanjung Priok, AKP Sutikno, Jumat, 13 September 2013.

Awalnya aksi tersebut dipergoki warga, karena Dafa sempat berteriak ketika sepeda motornya dibawa. Warga yang melihat peristiwa itu sempat mengejar dan menghakimi Rudini yang juga warga Warakas VIII RT 06/10, hingga terjatuh. Sementara rekan tersangka yang mengendarai Mio berhasil kabur.

Aksi penghakiman massa itu berakhir setelah tersangka dievakuasi petugas menggunakan motor.

"Pelaku sering beraksi terhadap anak di bawah umur. Karena mudah untuk dikelabui dan tidak ada perlawanan," jelas Sutikno.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. Sementara rekannya yang kabur, masih dalam pengejaran polisi. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini