Sukses

[VIDEO] Dinilai Sarat Pelanggaran, Pilkada Subang Diprotes

Hasil Pilkada Subang diprotes warga karena dinilai sarat pelanggaran. KPU Subang menyatakan bupati petahana memenangkan pilkada.

Rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati Subang, Jawa Barat, diwarnai unjuk rasa oleh sekelompok warga, Jumat 13 September 2013. Kericuhan tak terelakkan ketika sejumlah orang yang tergabung dalam ormas Gibas memaksa masuk ke dalam Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang. Terjadi aksi saling dorong antara massa dengan aparat kepolisian.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Sabtu (14/9/2013) pagi, mereka menuntut pembatalan rekapitulasi hasil Pilkada Subang. Massa juga menuntut pemilihan bupati diulang karena pemilihan sebelumnya ditengarai sarat dengan pelanggaran. Misalnya keterlibatan PNS memenangkan bupati petahana dan adanya politik uang. Gagal menembus barikade polisi, massa pun membubarkan diri.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi, KPU Subang menetapkan bupati petahana, Ojang Sohandi, yang berpasangan dengan Imas Aryumningsih sebagai pemenang. Pasangan bernomor urut 4 itu meraih 54,1 persen suara pemilih.

Pemilihan Bupati Subang digelar pada 8 September lalu dan diikuti oleh 5 pasang kontestan. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada ini terbilang rendah, yaitu hanya 60,7 persen. Sedangkan sisanya, yaitu sekitar 33 persen, warga Subang yang punya hak pilih ternyata golput. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini