Sukses

Blusukan ke DPR, Jokowi Minta Bantuan Fraksi PDIP Soal Jakarta

Jokowi menuturkan, kadang kala kebijakan pemerintah pusat bersinggungan dengan Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ternyata tak hanya gemar blusukan ke kampung dan ke pasar saja. Pria yang karib disapa Jokowi itu pun blusukan ke kantor para wakil rakyat di DPR. Apa gerangan di balik blusukannya ke DPR kali ini?

"Berbicara masalah program yang berkaitan dengan pusat. Ini ke fraksi. Ketemu dengan Pak Eriko (Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga)," kata Jokowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2013). Dia sengaja menemui Fraksi PDIP DPR untuk membantu kelancaran program pembangunan DKI yang diawasi DPR.

Mantan Walikota Solo itu menuturkan, kadang kala kebijakan pemerintah pusat bersinggungan dengan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu dibutuhkan dukungan dari DPR untuk menyinergikan dan menyinkronisasikan antara kebijakan pemerintah pusat dan DKI.

"Kita kan ada program-program pusat yang berkaitan dengan DKI, saya mohon agar didorong di sini. Mengenai infrastruktur berkaitan banjir, perumahan, transportasi," pungkas Jokowi.

2 Perusahaan otomotif nasional baru saja meluncurkan mobil murah dan ramah lingkungan ke pasaran. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mulai menjual Daihatsu Ayla dengan harga sekitar Rp 76 juta-Rp 106 juta.

Begitu pun PT Toyota Astra Motor yang juga meluncurkan mobil Agya seharga Rp 99,9 juta hingga Rp 120,75 juta. Produksi mobil murah itu mendapat dukungan dan menjadi bagian dari program pemerintah pusat.

Namun Jokowi gusar dengan hal ini. "Kalau itu jelas (bikin Jakarta) tambah macet," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa 10 September lalu. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.