Sukses

[VIDEO] Cantiknya Rangkaian Bunga dari Tas Kresek

Bunga-bunga cantik dengan warna menarik dibuat dari tas plastik. Selain harganya murah, bunga ini sangat ramah lingkungan.

Tas plastik atau kresek biasanya hanya berakhir di tempat sampah. Namun di tangan kreatif sekelompok ibu-ibu di Sleman, DIY,  tas kresek bisa dimanfaatkan menjadi bunga-bunga nan cantik. Tak hanya berkreasi, mereka juga bisa membantu penyelamatan lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (13/9/2013), awalnya tas-tas kresek bekas dikumpulkan dari tempat sampah warga di Desa Lodoyong Tempel, Sleman, DIY oleh para anggota kelompok peduli lingkungan setempat.

Setelah itu, tas plastik dipilah dan diambil yang kondisinya masih bagus. Selanjutnya tas kresek dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan diisi dengan kertas tisu agar lebih kencang dan berwarna menarik. Setelah itu potongan tas plastik digulung dan dibentuk menjadi bunga.

Variasi daun dan putik bunga pun diberikan agar tampilan bunga menjadi lebih menarik. Tak hanya bisa mengurangi sampah plastik di wilayahnya, ibu-ibu ini juga mengaku bangga dengan kerajinan yang ditekuni karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Dipasarkan secara langsung atau melalui pameran-pameran, satu tangkai bunga plastik ini dijual dengan harga sangat terjangkau, antara Rp 2.500 hingga Rp 5.000 per tangkai. Sayangnya, seringkali mereka tidak bisa memenuhi lonjakan pesanan karena keterbatasan bahan baku. (Don/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini